Tuliskan beberapa contoh produk teknologi yang menggunakan prinsip kemagnetan

ilustrasi alat yang menggunakan prinsip elektromagnetik, sumber gambar: https://www.freepik.com/

Ada banyak alat yang menggunakan prinsip elektromagnetik dalam proses kerjanya. Hal ini bukan sesuatu yang mengherankan, mengingat gelombang elektromagnet sering dimanfaatkan oleh manusia untuk memudahkan aktivitas sehari-hari.

Dikutip dari buku Elektromagnetisme oleh Nuriyah & Juwono (2017: 155), gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang terbentuk karena adanya rambatan medan magnetik dan medan listrik.

Muatan listrik yang dalam kondisi diam tidak akan menimbulkan gelombang elektromagnetik, begitu pula dengan arus tetap. Agar dapat memicu medan elektromagnetik, maka diperlukan alur listrik tidak konstan atau muatan yang dipercepat.

Contoh Alat yang Menggunakan Prinsip Elektromagnetik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ada banyak alat di sekitar kita yang bekerja menggunakan prinspi elektromagnet. Beberapa contoh alat tersebut yaitu sebagai berikut:

ilustrasi alat yang menggunakan prinsip elektromagnetik, sumber gambar: https://www.freepik.com/

Kunci pintu listrik merupakan salah satu alat yang menggunakan prinsip elektromagnet. Kunci ini memiliki koil yang terbuat dari jenis solenoida dan tersambung ke sakelar yang ada di dalam rumah.

Jika Anda menekan sakelar, maka arus listrik akan mengalir ke solenoida. Elektromagnet yang muncul akan mampu menarik kunci besi, sehingga pintu dapat dibuka dari luar.

Pada loudspeaker, prinsip elektromagnetik bekerja dengan mengubah sinyal arus listrik menjadi gelombang bunyi. Sinyal yang melewati kumparan dalam bentuk solenoida letaknya di belakang speaker.

Arus yang lewat hanya satu arah dan gaya magnet akan menekan gelombang electromagnet keluar dari speaker. Adapun arus yang lewat berlawanan akan menarik speaker hingga terjadi getaran yang menghasilkan gelombang bunyi.

Elektromagnet yang terdapat pada bel listrik terdiri dari besi berbentuk U yang dikelilingi oleh kumparan yang arahnya berlawanan. Hal ini dimaksudkan agar tercipta kutub-kutub magnet yang bertolakbelakang pada ujung besi.

Cara kerja alat yang menggunakan prinsip elektromagnetik ini yaitu ketika bel listrik ditekan, maka arus akan mengalir melalui interuptor yang menuju kumpatan. Arus yang melewati kumparan menjadikan besi U sebagai magnet yang mampu menarik jangkar besi lunak dan pemukul, sehingga bel menjadi berbunyi.

Dikutip dari Buku Pintar Bimbel SMP Kelas 7, 8. 9: Kimia-fisika-Matematika oleh Budi Lintang (2015: 363), sebuah detektor logam yang dipakai untuk memantau senjata logam, terdiri dari kumparan besar yang mampu membawa arus listrik.

Seseorang yang berjalan melewati pintu detektor akan ketahuan jika ia membawa senjata logam. Hal ini karena senjata logam mampu mengubah gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh kumparan. Adapun perubahan ini akan mampu terdekteksi dan alarm akan berbunyi.

Relai merupakan suatu komponen kontrol yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik, meskipun ada pula yang prinsip kerjanya menggunakan komponen semikonduktor. Prinsip kerja dari relai elektromagnet yaitu apabila lilitan pada relai dialiri arus, maka akan muncul gaya elektromagnetik yang berguna untuk menarik armatur.


Page 2

Magnet banyak digunakan dalam berbagai produk tek nologi, salah satunya yang paling populer adalah da lam teknologi kedokteran, seperti MRI. Tahukah kamu, bagaimana cara seorang dokter untuk mendeteksi adanya pe nyakit dalam tubuh pasien? Hingga kini, salah satu cara yang dianggap paling aman untuk mendeteksi penyakit adalah dengan menggunakan MRI (Magnetic Resonance Imaging). MRI menggunakan prinsip kemagnetan untuk mencitrakan kondisi kesehatan tulang atau organ tubuh bagian dalam manusia tanpa melalui prosedur pembedahan dalam Kemagnetan Dalam Sebuah Produk Teknologi Saat Ini

1. MRI (Magnetic Resonance Imaging)

Lebih dari sekedar mendeteksi ada tidaknya penyakit seperti tumor, MRI da pat digunakan untuk merekam pikiran manusia. Misalnya untuk merekam bagian otak yang menanggapi rangsang panas atau dingin. Selain itu, MRI juga dapat digunakan untuk melakukan deteksi dini terhadap gejala epilepsi.

Saat arahnya sejajar nukleon-nukleon tersebut akan memancarkan ge lombang radio yang akhirnya diterima komputer sebagai pencitraan kondisi da lam tubuh dapat menunjukkan adanya penyakit da lam tubuh manusia Teknik ini jauh lebih aman dibanding dengan Roentgen (sinar X).

2. Kereta Maglev

Maglev merupakan kependekan dari magnetically levitated atau kereta terbang. Kereta maglev diterbangkan kurang lebih 10 mm di atas relnya. Meskipun rel dan kereta tidak menempel, kereta maglev yang super cepat yakni mampu melaju hingga 650 km/jam, tidak akan terjatuh dan tergelincir. Hal ini disebabkan kereta maglev menerapkan prinsip gaya tolak menolak magnet serta didorong dengan menggunakan motor induksi

Kereta maglev telah menjadi alat transportasi masal di beberapa negara maju seperti Jepang, Amerika, China, dan beberapa negara di Eropa seperti Prancis, Jerman, dan Lodon. Di Jepang, kereta yang menggunakan prinsip ini, yaitu kereta Shinkansen yang menghubungkan kota Tokyo, Nagoya, dan Osaka yaitu Kemagnetan Dalam Sebuah Produk Teknologi Saat Ini

3. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) merupakan pembangkit listrik yang menggunakan energi nuklir. Kerja pembangkit listrik konvensional, misalnya pembangkit listrik dengan menggunakan batubara, air dipanaskan menggunakan bahan bakar batubara hingga menguap.

Uap yang dihasilkan akan digunakan untuk menggerakkan turbin yang selanjutnya digunakan untuk menggerakkan generator. Cara ini, selain dapat mengurangi jumlah sumber daya alam yang tak terbaharui juga dapat mencemari lingkungan akibat pembakaran yang menghasilkan asap karbon, sulfur, dan nitrogen. Pada PLTN panas diperoleh dari reaksi pemecahan inti atom fisi dalam suatu reaktor nuklir. Panas yang dihasilkan mampu mencapai 1,5 juta derajat celcius, hingga tidak ada satupun bahan di bumi yang mampu menahan energi panasnya. Agar partikel panas tersebut tidak menyebar ke lingkungan, digunakan botol magnet dengan medan magnet yang sangat besar.

Kemagnetan merupakan hal yang tidak dapat terlepas dari kehidupan manusia dan makhluk lain penghuni alam semesta ini. Bumi sendiri merupakan magnet terbesar yang dapat memberi manfaat besar bagi manusia. Magnet bumi memungkinkan manusia untuk menggunakan kompas sebagai penunjuk arah dan hewan-hewan juga memanfaatkan gaya magnet bumi sebagai penunjuk arah dalam melakukan migrasi. Perkembangan teknologi selanjutnya yang terinspirasi dari prinsip kemagnetan bumi menghasilkan berbagai penerapan magnet di bidang teknologi. Hal ini banyak membantu aktivitas manusia dengan berbagai peralatan yang bermanfaat bagi kehidupan. 

Induksi elektromagnetik membahas tentang konsep arus listrik yang dapat menghasilkan medan magnet atau medan magnet yang mampu menghasilkan listrik. Contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari-hari adalah generator, dinamo AC/DC, dan transformator. 10. Transformator adalah alat yang digunakan untuk merubah besar tegangan listrik. Berdasarkan penggunaanya, transformator dalam Kemagnetan Dalam Sebuah Produk Teknologi Saat Ini.

Baca Juga

Demikian Artikel Kemagnetan Dalam Sebuah Produk Teknologi Saat Ini Yang Saya Buat Semoga Bermanfaat Ya Mbloo:)



  • Trik Dari Sebuah Pembelahan Pada Sel
  • Kemagnetan Dalam Sebuah Produk Teknologi Saat Ini
  • Teori Teori Dari Dasar Sebuah Kemagnetan
  • Pengertian Dan Prinsip Teknologi Ramah Lingkungan
  • Tips Sistem Reproduksi Pada Hewan Disekitar