Tahukah anda tempat-tempat yang ada pemanfaatan energi angin

Dalam mata pelajaran siswa dan siswi kelas 4 SD terdapat pembahasan mengenai manfaat dari kincir angin. Dalam materi tersebut dipelajari lebih dalam mengenai keberadaan kincir angin sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan.

Mengutip  buku Mesin Konvensi Energi karya Astu Pudjanarso dan Djati Nursuhud, secara definisi kincir angin berarti alat yang mampu memanfaatkan kekuatan angin untuk diubah menjadi kekuatan mekanik.

Putaran kincir mengandalkan kekuatan hembusan angin. Tenaga hasil perputaran kincir tersebut bisa dimanfaatkan untuk memompa air untuk mengairi sawah atau menggiling biji-bijian.

Di masa modern seiring perkembangan zaman kincir angin digunakan untuk menghasilkan energi listrik. Karena fungsi tersebut kincir angin disebut juga dengan turbin angin. Turbin angin kebanyakan ditemukan di Eropa dan Amerika Utara.

Baca Juga

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat kincir angin bagi keberlangsungan hidup manusia:

1. Menjadi Sumber Pembangkit Listrik

Tahukah Anda bahwa sebagian dari energi listrik yang kita nikmati di rumah berasal dari hasil perputaran kincir angin. Energi angin dikonversikan menjadi energi listrik dengan menggunakan kincir angin.

Kini banyak kincir angin digunakan dalam sistem pembangkit listrik tenaga angin.

2. Menjadi Sumber Alternatif Energi Pengganti Fosil

Seperti yang kita ketahui bahwa energi yang dihasilkan fosil pasti akan habis karena tidak bisa diperbaharui. Oleh karenanya dibutuhkan energi alternatif yang digunakan untuk menggantikan energi dari minyak bumi atau bahan bakar fosil.

Kincir angin bisa dikatakan sebagai energi alternatif karena sumbernya dapat selalu diperbaharui, dan tidak akan habis. Selama angin masih berhembus, selama itu pula kincir angin akan terus berputar.

3. Sebagai Energi Ramah Linkungan dan Membantu Mengurangi Karbon

Sebagai salah satu energi alternatif, kincir angin tidak menghasilkan sampah atau sisa pembakaran yang terbuang sia-sia. Karena berasal dari alam, kincir angin mendapatkan sumber energi dari angin itu sendiri.

Angin merupakan energi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi udara, sehingga dapat melindungi lapisan ozon di bumi.

4. Menjadi Pengalih Arah Angin

Satu hal yang jarang diketahui orang mengenai manfaat kincir angin adalah untuk mengganti arah angin. Postur tiang dan kincir yang besar membuat angin berhembus bisa bergeser dengan seksama sesuai dengan yang kita atur. Ini bisa melindungi pemukiman warga dari angin kencang yang merugikan dan dapat membuat rusak porak poranda.

5. Membantu Proses Pengeringan Hasil Panen

Kincir angin juga sering dimanfaatkan para petani untuk mengeringkan hasil panen. Biasanya, para petani akan meletakkan sejumlah hasil panen pada bilah-bilah kincir angin, lalu membiarkan kincir angin berputar. Proses ini akan membantu meniriskan air yang masih tersisa dari hasil panen tersebut.

6. Mesin Alternatif Pemotong Kayu

Manfaat kincir angin untuk kehidupan sehari-hari selanjutnya, yaitu membantu proses pemotongan kayu. Kincir angin dapat menggerakkan generator yang selanjutnya digunakan menjalankan fungsi gergaji untuk memotong kayu tanpa bahan bakar minyak. Selain lebih ekonomis, metode ini juga tidak menimbulkan polusi udara dan ramah lingkungan.

7. Membantu Pengaliran Saluran Irigasi

Dalam keseharian petani, kincir angin memiliki fungsi kehidupan sehari-hari yang sangat penting, yaitu membantu penyaluran air dalam irigasi. Berbeda dengan kincir air, kincir angin menggunakan energi angin untuk berputar. Meski demikian, kincir angin dapat mengalihkan aliran air dari satu parit atau saluran irigasi menuju saluran irigasi lainnya.

Baca Juga

Meski kincir angin sangat terkenal di Belanda, namun Indonesia juga tidak mau kalah untuk mengembangkannya. Salah satunya pada tahun 2018 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan adanya pemanfaatan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB). Secara etimologi, arti nama Bayu berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti angin. Selain itu, nama ini juga berasal dari bahasa Sanskerta, Vāyu yang memiliki arti udara. Sehingga dengan nama khas daerah itulah PLTB disematkan.

Pembangkit listrik tenaga bayu di Indonesia mulai dioperasikan pada setiap daerah yang potensi anginnya besar. PLTB yang diresmikan Jokowi tersebut berada di Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan. Terletak di Desa Mattirotasi, kecamatan Watung Pulu Kabupaten Sidrap, PLTB ini siap menghasilkan tenaga listrik dari 30 kincir angin atau wind turbin generator.

Kincir angin menggerakkan turbin berkapasitas 2.5 MW pada 30 kincir tersebut dapat menghasilkan listrik sebesar 75 Mega Watt (MW) dan diperkirakan akan mampu mengaliri listrik 70.000 pelanggan di wilayah Sulawesi Selatan dengan daya listrik rata-rata 900 volt Ampere. PLTB Sidrap terpasang di lahan seluas 100 hektare, dengan jumlah 30 turbin yang tingginya mencapai 80 meter dan baling-baling sepanjang 57 meter.

Kincir angin belanda. shutterstock

Merdeka.com - Ada begitu banyak manfaat angin bagi kehidupan manusia. Setiap manusia tentu pernah merasakan kesejukan yang diberikan oleh angin. Angin merupakan udara yang bergerak akibat adanya perbedaan tekanan udara dengan arah aliran angin dari tempat tekanan tinggi ke bertekanan rendah.

Atau dari daerah bersuhu atau temperatur rendah ke wilayah bersuhu tinggi. Tahukah kalian, angin mempunyai hubungan erat dengan sinar matahari. Sebab, daerah yang kaya akan paparan sinar matahari akan mempunyai suhu lebih tinggi dan tekanan udara lebih rendah. Sehingga nantinya akan terjadi aliran udara.

Angin mempunyai banyak manfaat di antaranya adalah untuk pembangkit listrik hingga sebagai instrumen pada pesawat. Lantas apa saja manfaat angin bagi kehidupan manusia?

Melansir dari laman manfaat.co.id, Senin (10/5), simak ulasan informasinya berikut ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat angin yang pertama adalah sebagai sumber energi listrik. Tahukah kalian, angin ternyata dapat menghasilkan tenaga listrik.

Angin mampu menggantikan bahan bakar batu bara dan diesel. Angin juga menjadi sumber energi paling ramah lingkungan. Jika dibanding dengan sumber bahan bakar lainnya.

© BBC.com

Menerbangkan Pesawat


Manfaat angin yang kedua yakni mampu membantu menerbangkan pesawat. Ternyata, pesawat mampu bergerak karena sifat angin yang bantu mekanisme pesawat. Terutama saat melakukan take off dan landing di landasan pacu.

Angin bisa menjadi sumber tenaga penggerak yang mempunyai tekanan apabila digabungkan dengan sayap pesawat. Sehingga angin tersebut akan memberikan daya angkat ke atas. Selain itu angin juga memberikan tekanan ke bawah pada pesawat.

3 dari 6 halaman

Angin mampu memberikan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Salah satunya yakni sebagai penggerak pompa irigrasi. Angin rupanya mempunyai tenaga yang mampu dimanfaatkan untuk menggerakkan mesin.

Dalam dunia pertanian, angin digunakan untuk menggerakkan pompa-pompa angin pada sistem irigrasi. Selain untuk menyiram tanaman, pompa air tersebut juga bisa berfungsi untuk mendapatkan air tawar bagi ternak.

Penggerak Perahu Nelayan

Manfaat angin yang berikutnya yaitu sebagai penggerak perahu nelayan. Siapa sangka, angin mampu digunakan untuk mengarahkan perahu nelayan.Ternyata manfaat angin yang satu ini sudah digunakan sejak zaman nenek moyang. Sebelum mesin penggerak ditemukan, nenek moyang mengandalkan angin untuk menggerakkan perahu-perahu layar.

4 dari 6 halaman

Manfaat angin selanjutnya adalah mampu memberikan kesejukan. Inilah yang menjadi salah satu faktor daerah pegunungan dan pantai sangat nyaman dirasakan. Karena pada daerah-daerah tersebut memiliki udara yang alami.

Hembusan angin di gunung dan pantai mampu memberikan kesejukan pada tubuh. Angin segar ini dapat menghalau segala rasa gerah yang dialami selama perjalanan akibat panas tubuh.


wallpaperflare.com


Terjadinya Hujan di Daratan

Hujan merupakan salah satu anugerah Tuhan yang mempunyai berbagai macam manfaat bagi kehidupan. Hujan sangat penting dalam menjaga sumber air, di mana mampu dikonsumsi oleh manusia. Tak hanya manusia, hujan juga sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup lainnya.Mulai dari tanaman hingga hewan. Tanaman yang segar akibat kebutuhan air tercukupi akan kembali memberikan manfaat kepada manusia. Tanaman tersebut nantinya akan menghasilkan oksigen yang baik untuk dihirup manusia dan makhluk hidup lainnya. Namun, tentu saja hujan tak bisa turun dengan sendirinya. Hujan juga membutuhkan peranan angin guna bisa turun dengan tepat di daratan berpenghuni. Angin nantinya membantu uap air laut bergerak ke daratan. Sehingga nantinya hujan bisa turun di permukaan yang diisi oleh kehidupan manusia.

5 dari 6 halaman

Manfaat angin yang lain adalah membantu dalam penyerbukan tanaman. Angin rupanya membantu terjadinya proses penyerbukan bunga pada tanaman.

Dengan bantuan angin inilah, benang sari mampu melakukan penyerbukan kepada putik bunga.

Penggilingan Padi

Angin juga bermanfaat untuk penggilingan padi. Menggiling padi untuk diubah menjadi beras biasanya menggunakan mesin. Mesin inilah yang membutuhkan angin sebagai sumber energi penggeraknya.Mesin tersebut justru dinilai ramah lingkungan dan juga murah. Sebab, untuk menggiling padi tidak memerlukan mesin bahan bakar solar atau bensin. Apalagi bahan bakar solar dan bensin sudah semakin langka.

6 dari 6 halaman

Mengutip dari Tumiar Katarina Manik dalam Klimatologi Dasar: Unsur Iklim Dan Proses Pembentukan Iklim, macam-macam angin secara umum diklasifikasikan menjadi 2 yaitu angin lokal dan angin musim.

©Reuters

Berikut macam-macam angin yang harus diketahui:

  1. Angin Lokal, terdiri dari 3 jenis yang meliputi angin darat dan angin laut, angin lembah dan angin gunung, angin jatuh atau angin fohn.
  2. Angin Musim, terdiri dari 5 jenis berupa angin pasat, angin anti pasat, angin barat, angin timur dan angin muson.
[tan]