Sebutkan karakteristik teknik menendang dengan kaki bagian luar

Tanya Tugas Sekolah Ke Guru Pintar

Home Forums > Pelajaran > PenJasKes >

Discussion in 'PenJasKes' started by Riska Fatmala Dewi, Feb 21, 2016.

ads

(You must log in or sign up to reply here.)

ads

Tanya Tugas Sekolah Ke Guru Pintar

Home Forums > Pelajaran > PenJasKes >

Teknik Dasar Menendang Dalam Permainan Sepak Bola – Sepak bola adalah permainan beregu yang menggunakan bola sepak. Setiap pemain bebas memainkan bola dengan anggota badan kecuali memakai tangan. Namun pengecualian bagi kiper yang bebas memakai semua anggota badannya untuk memainkan bola. Permainan sepak bola ini bermain di lapangan berumput dan berbentuk persegi panjang. Dalam permainan ini di pimpin oleh seorang wasit dan dua pembantu yakni asisten wasit.

Tujuan dari permainan sepak bola adalah mencetak atau memasukkan bola ke gawang lawan sebanyak mungkin dan berusaha agar tidak kebobolan oleh pihak lawan. Jadi pemain harus melindungi gawangnya sembari juga menyerang gawang lain.

Permainan ini sangat terkenal dan populer apalagi banyaknya perlombaan yang terjadi di setiap negara dan disetiap musim. Permainan yang menekankan pada kerja sama tim untuk mencetak gol ini memerlukan kemampuan dan keterampilan individu agar bisa bermain secara individu serta agar bisa bermain dalam tim.

Hal itu bisa dilakukan ketika setiap pemain dalam sepak bola menguasai teknik dasar permainan sepak bola. Setiap cabang olahraga tentu mempunyai teknik dasar tidak hanya sepak bola. Sehingga untuk mengetahui dan bisa bermain olahraga ini dibutuhkan penguasaan paling tidak hal dasar sebelum menyentuh pada kombinasi dari gerakan dan trik teknik dasar sepak bola yang biasa dilakukan oleh para freestyle sepak bola.

Fungsi teknik dasar sepak bola adalah sebagai modal bagi setiap pemain bermain sepak bola. Dalam sepak bola terdapat 2 teknik dasar yaitu teknik badan dalam hal ini terbagi 3 yaitu lari, lompat, dan gerak tipu. Sedangkan yang kedua adalah teknik bola yang terbagi atas 4 yaitu teknik menendang, menyundul, mengumpan dan menahan.

Sedangkan menurut Depdikbud terdapat 5 teknik dasar yaitu menendang bola, menggiring bola, menahan bola, merebut bola, menyundul bola. Sejalan dengan hal itu, pada kali ini penulis akan membahas mengenai teknik dasar menendang dalam permainan sepak bola yaitu:

Teknik Dasar Menendang Bola Adalah

Menendang bola adalah karakteristik dasar permainan sepak bola yang dominan. Dengan penguasaan teknik dasar ini, pemain akan dapat bermain dengan efisien sebab teknik menendang bola digunakan atau difungsikan untuk mengumpan [passing], menembak ke gawang [shooting on the goal], dan menyapu untuk menggagalkan serangan lawan [sweeping].

Karena fungsinya yang begitu banyak dalam permainan sepak bola, sehingga menendang bola adalah teknik yang paling dasar yang harus dijelaskan dan dituliskan dalam benak setiap orang khususnya bagi orang yang ingin belajar bermain sepak bola.

Seorang pemain perlu menguasai prinsip-prinsip teknik menendang bola. Prinsip-prinsip menendang bola yang baik terdiri dari 5 yaitu pandangan mata, kaki tumpu, kaki yang menendang, bagian bola yang ditendang dan sikap badan saat menendang. Dengan memperhatikan prinsip tersebut maka teknik dasar dalam permainan sepak bola dalam hal ini menendang dapat membuahkan hasil yang bagus dengan tendangan yang keras, terarah dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pemain sepak bola.

Macam-Macam Cara Menendang Bola 

Diketahui dalam menendang dalam permainan sepak bola, terdapat 4 macam yaitu menendang dengan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, menendang dengan punggung kaki, menendang dengan kaki bagian dalam. Adapun penjelasan tentang tata cara atau langkah-langkah menendang terhadap berbagai jenis menendang dalam sepak bola adalah:

A. Menendang dengan kaki bagian dalam

    1. Badan menghadap sasaran dibelakang bola
    2. Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15cm, ujung kaki menghadap kesaran, lutut sedikit ditekuk.
    3. Kaki tendang ditarik kebelakan dan ayunan kedepan sehingga mengenai bola.
    4. Perkenaan kaki pada bola tepat pada mata kaki dan tepat di tengah-tengah bola.
    5. Pergelangan kaki ditegangkan pada saat mengenai bola.
    6. Gerak lanjut kaki tendang diangkat menghadap sasaran.
    7. Pandangan ditujukan ke bola dan mengikuti arahnya jalannya bola terhadap sasaran
    8. Kedua lengan terbuka di samping badan.

B. Menendang dengan kaki bagian luar

    1. Posisi badan berada di belakang bola, sedikit serong kurang lebih 40 derajat dari garis lurus bola, kaki tumpu diletakkan di samping belakang bola kurang
      lebih 30cm dengan ujung kaki membuat sudut 40 derajat dengan garis lurus bola.
    2. Kaki tendang berada di belakang bola kaki serong 40 derajat ke arah luar.
    3. Kaki tendang tarik ke belakang dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola.
    4. Perkenaan kaki pada bola tepat dipunggung kaki bagian dalam dan tepat pada tengah bawah bola dan pada saat kaki mengenai bola, pergelangan kaki ditegangkan.
    5. Gerak lanjutan kaki tendang diangkat dan diarahkan ke depan.
    6. Pandangan mengikuti jalannya bola kesasaran.
    7. Lengan dibuka berada di samping badan sebagai keseimbangan.

C. Menendang dengan punggung kaki

    1. Badan di belakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan di samping bol dengan ujung kaki menghadap sasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
    2. Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap ke depan/sasaran.
    3. Kaki tendang ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola.
    4. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dan tepat pada tengah-tengah bola dan pada saat mengenai bola pergelangan kaki ditegangkan.
    5. Gerak lanjut kaki tendang di arahkan dan diangkat ke sasaran.
    6. Pandangan mengikuti jalannya bola dan sasaran

D. Menendang dengan punggung kaki bagian dalam

    1. Posisi badan di belakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola kurang lebih 25cm, ujung kaki menghadap ke sasaran dan lutut sedikit ditekuk.
    2. Kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap ke dalam.
    3. Kaki tendang ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan sehingga mengenai bola.
    4. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki bagian luar dan tepat pada tengah-tengah bola, pada saat perkenaan dengan bola pergelangan kaki ditegangkan.
    5. Gerak lanjut kaki tendang diangkat serong kurang lebih 45 derajat menghadap ke sasaran.
    6. Pandangan ke bola dan mengikuti jalannya bola ke sasaran.
    7. Kedua lengan terbuka menjaga keseimbangan di samping badan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Jelaskan Teknik Menendang Permainan Sepak Bola? Ini Caranya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. Salam berbagi teman-teman.

Ditulis penjasorkes Senin, 04 Oktober 2021 Edit

3 Teknik Dasar Menendang Bola [Kaki Dalam, Kaki Luar dan Punggung Kaki] - Menendang merupakan salah satu teknik dasar sepak bola yang harus kita kuasai. Pasalnya teknik menendang bola sedikit banyak akan mempengaruhi cara bermain untuk menghadapi lawan. Contohnya ketika kita ingin memberi umpan lambung maka harus memakai tendangan punggung kaki. Lain halnya saat ingin menggiring cepat maka pemain harus menggunakan kaki bagian luar.

Secara garis besar sepak bola telah menjadi salah satu permainan yang digemari oleh masyarakat luas. Olahraga satu ini sangat mengutamakan kekompakan serta kerjasama antar anggota tim. Di lain sisi, untuk mengantisipasi terjadinya perlawanan satu lawan satu antar pemain maka anda harus menguasai teknik mengontrol sampai menendang bola.

Kekompakan serta kerjasama tersebut tidak cukup untuk memenangkan permainan ini. Anda bersama anggota lainnya harus memahami dan menguasai teknik dasar menendang bola ini. Apakah anda sudah mengetahui cara melakukan tendangan bola dengan benar? Jika belum maka tidak perlu khawatir karena kali ini saya akan membagikan teknik dasar menendang bola secara lengkap. Langsung saja dapat anda simak dibawah ini.

Untuk dapat mencetak goal bahkan memenangkan pertandingan sepak bola ini memerlukan kekompakan serta skill yang bagus. Hal tersebut karena kekompakan serta skill yang dimiliki oleh setiap pemain saling terhubung. Salah satu skill yang harus dikuasai oleh setiap pemain ialah skill menendang bola ini.

Teknik dasar menendang bola dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu teknik mendang bola dengan kaki bagian dalam, teknik mendang bola dengan kaki bagian punggung maupun teknik mendang bola dengan kaki bagian luar. Penggunaan kaki dalam teknik ini tergantung kondisi, kemampuan dan kebutuhan yang diperlukan dalam permainan tersebut. 

Ada 3 jenis teknik menendang bola yang wajib kalian pelajari berdasarkan penjelasan buku pedoman penjaskes. Diantaranya adalah teknik kaki dalam, teknik kaki luar, dan teknik punggung kaki. Masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri. Nah, kalian akan menemukan perbedaan cara dalam setiap prosedurnya.

Teknik dasar menendang bola yang pertama ialah menggunakan kaki bagian dalam. Teknik menendang bola ini berguna untuk memberikan umpan kepemain lain dengan jarak yang cukup jauh atau long passing. Akurasi yang didapatkan pun biasanya juga cukup tinggi karena arah tendangan bisa diatur oleh pemain.

Namun teknik teknik menendang menggunakan kaki bagian dalam jarang digunakan oleh pemain pemain futsal. Mengapa demikian? karena cara menendang bola satu ini sangat tak cocok untuk permainan dengan skala lapangan kecil.

Teknik Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam

Dalam konteks pendidikan teknik kaki dalam biasanya sudah diajarkan secara dini kepada siswa. Meski pembahasannya ada dalam buku LKS penjasorkes. Guru tetap akan memberikan contoh langsung bagaimana cara menendang bola menggunakan kaki bagian dalam. Secara garis besar gerakan yang baik dan benar adalah:

  1. Posisikan tubuh berdiri menuju kearah datangnya bola.
  2. Letakkan kaki disamping sebagai tumpuan serta tekuk lutut sedikit.
  3. Condongkan tubuh anda sedikit kebelakang.
  4. Posisikan kedua tangan berada disamping badan agar keseimbangan tubuh dapat terjaga. 
  5. Arahkan pandangan menuju datangnya bola maupun kearah sasaran tendangan bola.
  6. Amatilah bola tersebut agar dapat ditendang menggunakan kaki bagian dalam tengah.
  7. Setelah itu ayunkan kaki kebelakang kemudian arahkan kedepan agar tendangan bola dapat menuju sasaran bagian samping.
  8. Lakukan gerakan lanjutan dengan menumpu berat badan menggunakan kaki kanan ataupun menggunaan kaki yang sebelumnya untuk menendang.
  9. Dahulukan kaki yang dipergunakan untuk menendang tadi saat mendarat.

Teknik dasar menendang bola selanjutnya ialah teknik menendang bola menggunakan kaki bagian luar. Teknik kaki luar digunakan untuk memberi umpan kepada pemain lain secara menyilang, sehingga posisinya berlawanan dengan posisi kita. Umpan yang diberikan menggunakan teknik ini dapat menjadi umpan terobosan untuk mengecoh lawan.

Selain itu, teknik dasar menendang bola dengan kaki luar juga sangat efektif untuk menggiring bola jarak pendek. Kekurangannya terletak pada akurasi yang rendah sehingga sangat tak cocok untuk dipakai memberi umpan jarak jauh. Demikian juga dalam konteks menggiring cepat kalian tak boleh berlama lama memakai tendangan kaki bagian luar. Karena musuh akan dengan mudah mengejar dan merebut bola.

Teknik Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Luar

Bukan perkara mudah untuk melakukan teknik dasar menendang bola yang satu ini. Butuh latihan serta pemahaman baik secara teori maupun praktek untuk menguasainya. Faktanya, banyak pemain gagal dan justru malah blunder karena kurang terbiasa menciptakan tendangan menggunakan kaki bagian luar.

Tapi, setelah menjalani bentuk latihan dan menguasainya maka privilege yang akan kalian dapatkan cukup sepadan. Kemampuan untuk mengecoh lawan, menciptakan operan silang, serta menggiring cepat pun akan menjadi milik kalian. Lantas bagaimana cara menendang bola dengan kaki luar? inilah yang sering kali ditanyakan oleh siswa.

Sebenarnya langkah demi langkahnya bisa kalian baca sendiri di buku pedoman penjas hampir di semua jenjang. Di lain sisi, guru pun pasti juga telah menjelaskannya pada kegiatan praktikum. Tapi beberapa siswa kadang memiliki masalah pada saat menginterpretasikan tiap gerakannya. Maka dari itu simaklah teknik dasar menendang bola dengan kaki bagian luar di bawah:

  1. Posisikan tubuh berdiri menuju kearah datangnya bola.
  2. Letakkan kaki kiri disamping bola yang akan ditendang nantinya.
  3. Jaga keseimbangan badan dengan merilekskan kedua tangan.
  4. Putar ke dalam salah satu kaki yang digunakan untuk menendang bola.
  5. Arahkan pandangan anda ke bola.
  6. Lakukan tendangan bola dengan mengayunkan kaki sekuat mungkin.
  7. Sentuhkan bagian luar kaki saat akan menendang.
  8. Tahap terakhir condongkan tubuh kearah depan.

Punggung kaki merupakan teknik dasar menendang bola yang cukup populer dipakai oleh pemain profesional. Selain memiliki akurasi yang baik gerakannya pun cukup mudah untuk kita kuasai. Power serta kecepatan dari tendangan ini sangat besar sehingga cocok untuk menjadi eksekutor ketika berada di depan gawang.

Kalian juga bisa menggiring bola lurus dengan cepat menggunakan punggung kaki sehingga mampu melewati lawan. Memperhitungkan power adalah kuncinya karena power tersebut akan menentukan jarak tendangan bola. Tapi, menurut saya pribadi butuh skill khusus agar kalian bisa menggunakan tendangan satu ini untuk menggiring.

Teknik Menendang Bola Dengan Punggung Kaki

Teknik menendang bola dengan punggung kaki sempurna dapat menciptakan tendangan lurus kedepan dengan cepat. Layaknya meriam, bola pun akan sangat sulit dihentikan oleh pemain lawan. Inilah alasan mengapa kalian harus membekali diri dan berlatih teknik punggung kaki. Jika belum menguasainya maka simaklah tutorial di bawah:

  1. Posisikan tubuh berdiri menuju kearah datangnya bola.
  2. Tekuk sedikit kaki kiri dan letakkan kaki kiri disamping bola yang akan ditendang nantinya.
  3. Jaga keseimbangan badan dengan merilekskan kedua tangan.
  4. Arahkan pandangan anda ke bola.
  5. Kaki yang akan digunakan untuk menendang usahakan sedikit ditekuk kebawah pergelangannya.
  6. Tendang bola dengan menganyunkan kaki kebelakang namun usahakan kaki tersebut menyentuh bagian belakang bola. 
  7. Lakukan gerakan lanjutan dengan menumpu berat badan kearah depan.

Inilah penjelasan mengenai teknik dasar menendang bola. Dalam permainan sepak bola memenangkan suatu pertandingan tidak hanya mengandalkan kekompakan saja melainkan mengandalkan skill masing masing pemain. Dengan skill dan kerjasama yang baik akan membuat pola dan strategi permainan berjalan dengan baik. Maka dari itu peluang untuk memenangkan pertandingan semakin besar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Video yang berhubungan