Pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut para ahli

Pengertian Teknologi Imformasi – Maafaat, Dasar, Konsep, Pengelompokan, Para Ahli : Pengertian dari Teknologi yaitu pengembangan dari aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya.

Pengertian Teknologi Imformasi (TI)

Pengertian dari Teknologi yaitu pengembangan dari aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Pengertian dari Informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi serta pengorganisasian atau penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Puisi – Ciri, Unsur, Jenis, Puisi Baru dan Lama, Contohnya

Dalam arti sempit Teknologi iyalah berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi. Pengertian Teknologi Informasi secara lebih luas yaitu suatu teknologi yang difungsikan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.

Berikut ini merupakan pendapat dari para ahli:

teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

teknologi informasi tidak hanya terbatas pada TI (Hardware dan Software) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, serta juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan sebuah informasi.

TI adalah teknologi yang menggabungkan Komputer dengan jalur komunikasi yang berkecepatan tinggi yang dapat membawa data, suara dan video.

Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis.

Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, Untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pantun – Pengertian, Ciri, Macam, Cinta, Jenaka, Pendidikan, Agama, Nasehat, Contohnya

PEMANFAATAN TeknoIogi Informasi DALAM KEGIATAN Sehari hari.

Pemanfaatan TeknoIogi Imformasi Dalam Kegiatan sehari hari sangatlah penting, gunanya menunjang kehidupan yang jauh lebih baik. Dengan adanya Teknologi Imformasi jadi sangatlah membantu kegiatan jadi lebih efektif dan efisien.

Maafaat Komputer Dalam Kehidupan Sehari – hari

  • Dalam pendidikan. kemampuan belajar siswa dapat lebih efektif.

    komputer merupakan sarana untuk lebih mudah mengerjakan kreatifitas siswa

  • Dalam Bidang Industri dan Manufaktur. Dapat merancang design sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah Industri.

    dapat mengontrol mesin produk dengan ketepatan yang maksimal.

  • Dalam Bidang Bisnis Dan Perbankan dapat membantu dalam penyimpan berkas yang lebih aman.

    dapat berfungsi dalam kegiatan bertransaksi.

  • Dalam Bidang Kemiliteran dapat difungsikan sebagai navigasi kapal selam.

    dapat mengendalikan pesawat luar angkasa baik dengan pengemudian ataupun tidak.

  • Dalam Teknik dan Pengetahuan dapat mempelajari struktur tanah angin serta cuaca.

    dapat membantu dalam hal perhitung.

  • Bidang Kedokteran dapat gunakan untuk mendiagnosa penyakit.

    dapat digunakan untuk mengambarkan seluruh organ tubuh.

  • Bidang Pemerintahan dapat mengelolah suatu data dan imformasi yang diperuntukan untuk kepenting masyarakat.

    dapat menhingkatkan hubungan antara pemerintahan dan masyarakat

  • Bidang Entertaiment dan Permainan dapat membuat animasi,periklanan, dan film.

    dapat membuat grafis serta audiovisual menjadi lebih menarik

  • Dalam Bidang Kriminalitas dapat memudahkan aparat terkait dalam memecahkan permasalahan.

    dapat dengan mudah mendektesi pelanggaran demi pelanggaran lalu lintas dan melakukan sidik jari.

    Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Teks Ulasan, Contoh, Ciri, Tujuan, Struktur Dan Kaidahnya

PENGERTIAN DASAR-DASAR TEKNOLOGI INFORMASI

Teknologi informasi dibuat untuk mengetahui suatu nirlaba bagi individu ataupun organisasi . Dari kata etimologi teknologi informasi adalah suatu alat untuk membantu mencari pengetahuan yang bermanfaat atau juga bisa dikatakan sekumpulan data yang memiliki korelasi (hubungan).

Informasi yang baik itu adalah tingkat credibilitas yan tinggi sehingga dapat bisa dijadikan bahan untuk acuan pokok. kesimpulan dari suatu teknologi informasi itu semakin banyak kita punya data informasi maka semakin tinggi ilmu pengetahuan kita.

PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Dalam Depdiknas (2007) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan perluasan dari TI dengan menggabungkan konsep Teknologi Komunikasi dalam Teknologi Informasi. Hal ini disebabkan oleh begitu kuatnya keterikatan antara Teknologi Informasi dengan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai pengertian dari dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, mempunyai pengertian luas yang meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

Teknologi Komunikasi mempunyai pengertian segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala aspek yang terkait dengan pemrosesan,

manipulasi, pengelolaan, dan transfer / pemindahan informasi antar media menggunakan teknologi tertentu. Salah satu peralatan TIK yang sangat diperlukan dalam berbagai bidang antara lain komputer. Bahan kajian TIK untuk jenjang SMA standar isi mencakup 3 aspek. Masing – masing aspek meliputi kompetensi sebagai berikut:

Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan : Pengertian Pantun

Siswa mampu mengenali secara mendalam hakekat dan dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi, etika dan moral pemanfaatan teknologi, media massa digital, masalah ergonomis dan keamanan, dasar-dasar komputer, dan pengoperasian teknologi multimedia.

Siswa mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan untuk berbagai macam perangkat produktifitas teknologi meliputi: penggunaan Sistem Operasi (Operating System), melakukan setting peripheral, pengoperasian software, pemanfaatan jaringan.

Siswa mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilannya dalam situasi kehidupan nyata untuk mendapatkan informasi, mengelola gagasan, memecahkan masalah, melakukan penelitian, dan menggunakan perangkat komunikasi untuk mendapatkan dan mengirimkan informasi.

Pengelompokan TI yaitu:

1. Tecnology input. 2. Tecnology output. 3. Soft ware. 4. Tecnologi save.

5. Processing machine.

Pengertian teknologi informasi menurut para ahli. Teknologi informasi (information technology) biasa disebut TI, IT, atau infotech. Berbagai definisi tentang informasi diberikan dengan maksud dapat memberikan gambaran lebih lanjut tentang teknologi informasi. Teknologi dapat diharapkan dapat menjadi fasilitator dan interpreter. Semula teknologi informasi digunakan hanya sebatas pada pemrosesan data. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi digunakan hanya terbatas pada pemrosesan data. Dengan semakin berkembanganya teknologi informasi tersebut, hampir semua aktivitas organisasi saat ini telah dimasuki oleh aplikasi dan otomatisasi teknologi informasi. Pengertian tentang teknologi informasi dapat beraneka ragam walaupun masing-masing definisi memiliki inti yang sama.


Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Lengkap

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, Lengkap. Teknologi informasi merupakan tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk memberikan sebuah informasi.

Untuk lebih jelasnya lagi kami akan membahas materi makalah Pengertian teknologi informasi mulai dari Pengertian teknologi, Pengertian Teknologi menurut para ahli, Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Contoh. Maka simaklah ulasannya di bawah ini.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi merupakan tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk memberikan sebuah informasi. Seiring dengan kemajuan dan perkembangan komputer serta peralatan modern, definisi teknologi informasi lebih luas yakni suatu teknologi yang fungsinya untuk mengolah data, serta memproses, mendapatkan data, menyusun data, menyimpan data, memanipulasi data dengan berbagai cara bertujuan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.

Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pendapat dari beberapa para ahli mengenai Pengertian teknologi informasi, di antaranya :

1. Martin (1999)

Teknologi informasi bukan hanya terbatas pada TI (Hardware dan Software) yang digunakan dalam memproses & menyimpan informasi, serta juga mencakup teknologi komunikasi yang mengirimkan suatu informasi.

2. Williams & Sawyer (2003)

TI merupakan teknologi yang menggabungkan Komputer dengan jalur komunikasi yang memiliki kecepatan tinggi yang bisamembawa data, suara & video.

3. & Keen (1996)

Teknologi informasi merupakan himpunan atau seperangkat alat yang membantu pekerjaan dengan informasi serta melakukan berbagai tugas yang berkaitan dengan pemrosesan informasi.

4. Kamus Oxford( 1995)

Teknologi Informasi merupakan studi / peralatan elektronika, seperti komputer, guna menyimpan, menganalisa, serta mendistribusikan informasi, termasuk kata-kata, bilangan, dan juga gambar.

5. Lucas (2000)

Teknologi Informasi merupakan keseluruhan dari bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses serta mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis

Tujuan Teknologi Informasi

Adapun tujuan dari tegnologi informasi yakni adalah menyelesaikan suatu masalah, mengembangkan kreativitas, meningkatkan efektivitas dan juga efisiensi didalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Dengan adanya teknologi informasi bisa membuat manusia lebih mudah dan efisien dalam melakukan pekerjaan.

BACA JUGA :   Pengertian Aksioma dan Teorema Lengkap Syarat dan Contohnya

Fungsi Teknologi Informasi

Banyak sekali fungsi tegnologi informasi diantaranya sebagai berikut :

  • Capture (Menangkap)
    Yakni maksudnya melakukan capture terhadap data dan juga informasi
  •  Storage (Menyimpan)
    Yakni menyimpan data / informasi dalam bentuk media untuk kepentingan yang lain. Seperti hardisk, compact disk, disket, dan sebagainya.
  • Processing (Mengolah)
    Fungsi mengolah pada teknologi informasi yakni ialah memproses data yang telah diterima yang kemudian dijadikan suatu informasi. Pengolahan data dapat berbentuk mengubah data ke bentuk lainnya. Menganalisis kondisi, menghitung, menggabungkan semua dalam bentuk data & informasi
  • Transmission (Transmisi)
    Transmisi yakni ialah mengirim data dan juga informasi dari satu lokasi ke lokasi lain dengan jaringan komputer.
  • Retrifal (Mencari Kembali)
    Yakni melaksanakan penelusuran untuk mendapatkan kembali atau menyalin data & informasi yang sudah disimpan.
  •  Generating (Menghasilkan)
    Generating adalah mengorganisasi data & informasi ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat.