TRIBUNNEWS.COM - Keponakan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan, Pandu Patria Sjahrir, resmi menjadi Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 2021-2026.

Pandu ditunjuk sebagai Kepala Badan Pengembangan Keuangan Digital.

Susunan kepengurusan yang baru ini telah diresmikan oleh Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasjid, pada Senin (9/8/2021).

Arsjad mengatakan, dibentuknya kepengurusan baru karena menghadapi masa new normal akibat pandemi Covid-19.

"Tentu nanti Kadin akan bergerak cepat, inklusif, serta kolaboratif. Paling tidak dari sektor ekonomi dan SDM Kadin akan berkontribusi maksimal," terangnya.

Saat menyampaikan susunan pengurus, Asrjad berharap kepengurusan saat ini semakin mempererat organisasi menjadi satu kesatuan yang kuat, dan mampu secara bersama-sama memajukan Kadin demi menumbuhkan perekonomian. 

Baca juga: Pandu Sjahrir: Kompetisi Sepak Bola yang Sehat Penting Untuk Persatuan Bangsa

Baca juga: Luhut Ditunjuk Jokowi Jadi Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Prioritas, Apa Tugasnya?

Profil Pandu Patria Sjahrir

Pandu Sjahrir (Instagram @pandusjahrir)

Mengutip situs resmi PT Toba Bara, Pandu lahir di Boston, Amerika Serikat pada 17 Mei 1979.

Ia merupakan putra dari Ekonom Sjahrir yang meninggal pada 2008 silam.

Pandu meraih gelar sarjananya dari University of Chicago.

Ia kemudian melanjutkan studinya dan meraih gelar Master of Business Administration dari Stanford Graduate School of Business.

Keduanya merupakan universitas di Amerika Serikat.

Saat ini, ia menjabat sebagai Wakil Direktur Utama di PT Toba Bara Sejahtera Tbk.

Sebelum bergabung dengan PT Toba Bara, Pandu pernah berkarier sebagai Analis Senior spesialisasi sektor energi dan pertambangan di Matlin & Pattersin (2007-2010).

Pandu Patria Sjahrir. Foto: Instagram/@pandusjahrir

Pandu Patria Sjahrir mengundurkan diri dari posisi komisaris PT Digital Mediatama Maxima (DMMX). Surat pengunduran diri diterima oleh direksi DMMX.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (6/7), manajemen DMMX akan memutuskan permohonan pengunduran diri tersebut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) terdekat.

“Merujuk Peraturan OJK No. 33/POJK.04/2014, bersama ini PT Digital Mediatama Maxima Tbk menyampaikan keterbukaan informasi bahwa Perseroan telah menerima permohonan pengunduran diri dari anggota Dewan Komisaris Perseroan pada tanggal 5 Juli 2022 atas nama Bapak Pandu Patria Sjahrir sebagai Komisaris,” ujar Direktur Utama DMMX Budiasto Kusuma, dikutip Rabu (6/7).

Sedang memuat...

0 01 April 2020

Adapun DMMX merupakan perusahaan platform digital trade marketing dan pengiklanan berbasis cloud yang menyediakan berbagai jasa end-to-end seperti pengiklanan terprogram, dan program akuisisi penjualan.

Tak hanya itu, perusahaan juga merupakan perusahaan rintisan yang menyediakan penayangan iklan digital di mini market, seperti di Indomaret, Alfamart, KFC, BCA, dan anggota Sampoerna Retail Community (SRC) yang tersebar di lebih dari 4.000 lokasi di 25 kota di Indonesia.

Sebelum menjadi komisaris DMMX, keponakan Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut ini merupakan salah satu pendiri dari perusahaan PT Toba Bara Sejahtera Tbk. Ia pernah menjadi Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) sebanyak 2 kali, yaitu periode 2015-2018 dan 2018 - 2021.

Pandu juga merupakan komisaris PT Bursa Efek Indonesia Tbk sejak tahun 2019. Ia juga menjabat sebagai PT TBS Energi Utama Tbk sejak 2021, managing partner dari Indies Capital Partners. Pandu juga menduduki sebagai komisaris independen PT Elang Mahkota Teknologi (EMTK).

Bisnis.com, JAKARTA – Hari ini Rapat Umum Pemegang Saham PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan Pandu Sjahrir sebagai Komisaris yang baru mewakili para emiten. Siapakah sebenarnya sosok Pandu Sjahrir?

Pandu baru menginja usia 31 tahun dengan menjadi Direktur PT Toba Bara Sejahtera Tbk. (TOBA).  Berkait itu, dia mendapatkan penghargaan  Asian Society Young Leaders Awards. Sebuah penghargaan untuk pemimpin muda di bawah usia 40 tahun oleh Asia Society.

Saat ini perusahaannya memiliki kapitalisasi pasar Rp2,85 triliun. TOBA juga merupakan salah satu produsen batu bara berkalori tinggi di Indonesia. Pria yang lahir di Amerika Serikat, 17 Mei 1979, itu juga pernah menyampaikan perusahaannya tengah bertransformasi menjadi perusahaan pembangkit listrik untuk wilayah timur Indonesia.

Sebagai informasi, Pandu Sjahrir adalah keponakan dari Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut B. Panjaitan. Luhut merupakan salah satu pendiri dari perusahaan Toba Bara.

Pandu adalah anak kandung ekonom Sjahrir, pendiri Partai Perhimpunan Indonesia Baru, partai yang eksis setelah Reformasi 1998. Adapun Sjahrir menikah dengan Nurmala Kartini Pandjaitan, adik dari Luhut Pandjaitan.

Di luar karirnya bersama TOBA, Pandu juga terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) sebanyak 2 kali. Pertama pada tahun 2015 untuk masa kepemimpinan hingga tahun 2018 dan terpilih lagi untuk periode kepemimpinan 2018 – 2021.

Pandu yang memiliki latar belakang magister dari Stanford Graduate School of Business, juga memiliki jabatan di luar industri batu bara. Misalnya saja Presiden Komisaris SEA Group Indonesia.

SEA Group merupakan perusahaan yang menaungi Garena perusahaan aplikasi digital, Shopee sebuah e-commerce dan sea money yaitu dompet digital.

Maka itu dalam penetapannya sebagai komisaris bursa yang anyar, Pandu ingin menggandeng perusahaan-perusahaan startup dan teknologi untuk bisa menjadi emiten di pasar modal.

Selain menjadi Komisaris di SEA Group dan Bursa Efek Indonesia, Pandu Sjahrir juga termasuk salah satu Dewan Komisaris bagi Gojek. Salah satu perusahaan digital terbesar di Indonesia. Jadi, apakah pasar modal akan dipenuhi oleh perusahaan rintisan tidak ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :


Konten Premium Nikmati Konten Premium Untuk Informasi Yang Lebih Dalam

Pandu Sjahrir Komisaris dimana saja?

Pria lulusan Stanford Graduate School of Business ini diketahui pernah menjabat sebagai Presiden Komisaris SEA Grup. Sebuah perusahaan yang membawahi Garena, Shopee, dan juga dompet digital. Tak hanya itu, Pandu Sjahrir juga dipercaya sebagai dewan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 2021-2026.

Pandu Sjahrir anak siapa?

Pandu merupakan anak pasangan Nurmala Kartini Sjahrir (adik Luhut) dengan ekonom Sjahrir. Pandu terlihat bersama Luhut saat menemui Elon Musk di Amerika Serikat beberapa waktu lalu, serta saat Luhut membuka perdagangan di bursa saham New York. Pandu Sjahrir lahir di Boston pada tanggal 17 Mei 1979.