Jelaskan dan berilah contoh “bagaimana upaya menjaga kelestarian kearifan lokal di era globalisasi?”

Jakarta -

Budaya daerah adalah budaya yang menggambarkan keadaan dan sifat di setiap daerah. Mengabaikannya bukan termasuk cara melestarikan budaya daerah di sekitar kita.

Pelestarian budaya merupakan upaya perlindungan dari kemusnahan atau kerusakan warisan budaya, seperti dikutip dari buku Kemenbudpar bertajuk "Kebijakan Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan".

Maksud dari melestarikan budaya adalah agar nilai-nilai luhur budaya, yang ada di dalam suatu tradisi dapat tetap dipertahankan, meskipun telah melalui proses perubahan bentuk budaya.

Dikutip dari buku "Langkah Mengembangkan Generasi Muda yang Berbudaya" karya Siti Nur Aidah, contoh dari macam-macam budaya daerah Indonesia adalah:

Rumah adat

Contohnya: Rumah Joglo berasal dari Jogja, Rumah Gadang dari Sumatera Barat, Rumah Lopo dari Nusa Tenggara Timur, dan lain sebagainya.

Tarian
Contohnya: Tari Kecak khas Bali, Tari Piring khas Minangkabau, Tari Tortor khas Batak, dan lain sebagainya.

Lagu-lagu
Contohnya: lagu kicir-kicir dari Jakarta dengan khas logat betawinya, lagu Apuse dari Papua, lagu Bubuy Bulan dari Jawa Barat, dan lain sebagainya.

Musik
Contohnya: Alat musik Gamelan dari Jawa, Gondang Batak, Suling dan Keroncong khas Sunda, dan lain sebagainya.

Pakaian Adat
Contohnya: Cele dari Maluku, Songket dari Lampung, Baju Bodo dari Makassar, dan lain sebagainya.

Secara umum permasalahan dalam bidang kebudayaan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah, tentang bagaimana cara masyarakat Indonesia itu sendiri untuk memajukan dan melestarikan budayanya.

Salah satu bentuk transformasi atau perubahan bentuk budaya adalah kehadiran globalisasi. Pesatnya perkembangan globalisasi pada era ini, tidak bisa begitu saja kita hindari. Adanya globalisasi telah menawarkan gaya hidup yang konsumtif, yang bisa saja secara perlahan lahan akan menghilangkan nilai-nilai yang diajarkan dalam kearifan daerah bangsa.

Indonesia telah dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya daerah atau lokalnya. Untuk itu, dengan banyaknya warisan budaya daerah yang dimiliki bangsa Indonesia, masyarakat kita wajib untuk melestarikan budaya daerah sekitarnya.

Cara-cara Melestarikan Budaya Daerah

Cara-cara yang bisa detikers lakukan untuk melestarikan budaya daerah sekitar kita, diantaranya:

  1. Memperhatikan dan mempelajari budaya daerah. Contohnya dengan mempelajari tarian dan juga alat musik daerah sekitarmu.
  2. Menggunakan pakaian adat, sesuai dengan acara-acara tertentu.
  3. Mempelajari dan memakai bahasa daerah di lingkungan keluarga.
  4. Mengadakan dan turut serta dalam kegiatan lomba/pentas seni di daerah sekitar

Cara Menghargai Keberagaman Budaya Daerah

Banyaknya budaya yang kita miliki tidak hanya cukup untuk dilestarikan, namun budaya daerah juga perlu kita hargai. Beberapa cara untuk menghargai keberagaman budaya di sekitar kita adalah:

  1. Tidak menjelek-jelekan atau menghina suku dan ras bangsa lain .
  2. Menghormati adat istiadat daerah lain.
  3. Senantiasa untuk mau mengenal adat istiadat dari berbagai budaya suku yang ada di Indonesia.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melestarikan budaya daerah kita. Jangan lupa untuk selalu melestarikan budaya daerah kalian ya detikers!

Simak Video "Tanpa Seizin Mendagri, Pj Kepala Daerah Tak Boleh Ubah Aturan-Mutasi"



(pal/pal)

Kearifan Lokal di Tengah Globalisasi

Dalam kehidupan di zaman yang maju seperti sekarang ini, modernisasi merupakan hal yang sulit untuk dihindari.  Namun, itu bukanlah menjadi alasan untuk meninggalkan kearifan lokal. Hal ini karena kearifan lokal menyimpan banyak nilai yang sudah berakar dimasyarakat luas.

Secara umum istilah dari kearifan lokal terbentuk dari dua kata yaitu kearifan dan lokal. Jadi dapat dimengerti sebagai gagasan lokal setempat yang bersifat bijaksana, bernilai baik yang tertanam , penuh kearifan, dan yang diikuti oleh banyak anggota masyarakat. Sehingga kearifan lokal dapat didefinisikan sebagai hasil dari proses adaptasi turun temurun dalam waktu yang lama terhadap suatu lingkungan alam tempat tinggal mereka dan menjadi tata nilai kehidupan yang terwarisi antar generasi.

Kearifan lokal ada dalam setiap aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat sseperti kegiatan religi, adat istiadat, dan budaya. Etika masyarakat yang berdasarkan nilai-nilai luhur yang sudah membudaya bisa menjadi suatu bentuk kearifan lokal. Jika memenuhi ciri-ciri:

  • Mempunyai kemampuan mengendalikan.
  • Merupakan benteng untuk bertahan dari pengaruh budaya luar.
  • Mempunyai kemampuan mengakomodasi budaya luar.
  • Mempunyai kemampuan memberi arah perkembangan budaya.
  • Mempunyai kemampuan mengintegrasi atau menyatukan budaya luar dan budaya asli.

Kearifan lokal itu bersifat dynamic, dan bisa menyesuaikan dengan zaman atau perubahan zaman. Dalam perekembangannya, kerifan locak dijadikan pedoman kehidupan secara terus menerus, sehingga memiliki fungsi sebagia berikut;

  • Berfungsi untuk pelestarian sumber daya alam.
  • Berfungsi untuk pengembangan sumber daya manusia, contohnya berkaitan dengan upacara daur hidup
  • Berfungsi untuk pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan, seperti, pada upacara saraswati, kepercayaan dan pemujaan pada pura Panji.
  • Berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra dan pantangan.
  • Bermakna sosial contohnya upacara integrasi komunal/kerabat.
  • Bermakna sosial, misalnya pada upacara daur pertanian.
  • Bermakna etika dan moral, yang terwujud dalam upacara Ngaben dan penyucian roh leluhur.
  • Dan adanya makna politik, misalnya upacara ngangkuk merana dan kekuasaan patron client

Seperti yang kita ketahui adanya krisis ekonomi dewasa ini, masyarakat yang hidup dan bergantungpada alam dan mampu menjaga keseimbangan lingkungan dengan kearifan lokal yang ada, mereka tidak akan begitu mereasakan adanya krisi ekonomi atau pun mereasa terpukul karena kehidupannya tidak bergantung atau tidak terpengarhui oleh kehidupan modern. Maka dari iru kearifan lokal sangat penting untuk di lestarikan karean dapat menjaga keeimbangan dengan lingkungan dan juga dapat menjad lingkungan.

Kita harus melestarikan kearifan lokal karena memiliki potensi untuk meneyimbangi lingkungan dan banyak hal. Ada banyak cara yang bisa dilakukan guna melestarikan kearifan lokal, namun ada tujuh tips yang kami akan jelaskan cara untuk melestarikan kearifan lokal, yaitu sebagai berikut;

  • Memasukan unsur budaya pada pelajaran sekolah

Tips pertama yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kearifan local adalah dengan memaskukan dan memperkenalkan kebudayaan kepada generasi-generasi muda. In idapat dilakukan oleh guru-guru atau pengajar lainnya, dengan memasukuan unsur kebudayaan dalam sebuah pelajaran dapat membuat orang-orang lebih mengerti dan lebih menghargai budaya tersebut nantinya. Cara ini sudah dilakukan dan diterapkan sejak lama dan hasilnya sudah terbukti jika murid-murid sekolah lebih mengenal budaya yang ada di daerahnya.

  • Mencari inovasi baru dalam pengenalan budaya

Kendala yang dapat menyebabkan lunturnya sebuah budaya adalah cara pengenalan budaya yang cenderung sama sehingga membuat orang merasa bosan yang membuat mereka tidak tertarik dengan budaya tersebut. Maka dari itu, dibutuhkan seorang yang membuat terobosan atau invosai yang baru dalam memperkelnalkan sebuah budaya, dimana cara memperkenalkan tidak yang sama melainkan cara yang out of the box agar semua orang terutama generasi muda dapat menghargai dan mempertahankan kebudayaan di masa yang akan datang.

  • Melaksanakan festival budaya secara konsisten

Dengan melaksanakan kegiatan festival budaya secara konsisten dapat membuat kebudayaan tetap eksis. Dengan cara ini maka, keberadaan budaya dapat tetap terjaga dan dapat dikenal oleh banyak orang. Dengan mengadakan festival rutin juga dapat menimbulkan semangat dalam melestarikan dan menjaga budaya tersebut.

  • Menjadikan film/ documenter

Dengan memasukan atau menjadikan budaya ke layer lebar atau documenter akan melestarikan kebudayaan karena orang akan lebih meminatinya dibanding membaca sebuah buku tentang kebudayaan.

  • Menanamkan rasa cinta kepada masyarakat

Rasa memiliki, rasa menghargai, dan rasa bangga harus terhadap kebudayaan harus ditaman pasa masyarakat terutama pada penerus generasi saat ini karena tanpa rasa cinta terhadap budaya akan menjadi pemicu lunturnya, terkiskisnya suatu kebudayaan. Maka itu, penting dalam memberi pengertian tentang cinta budaya pasa masyarakat.

  • Mencari tahu asal-asul sebuah kebudayaan

3 menit

Di era globalisasi, semakin banyak anak muda yang melupakan budaya lokal karena lebih tertarik untuk menggunakan budaya asing. Padahal, budaya Indonesia sangat penting untuk dilestarikan. Simak bagaimana cara melestarikan budaya bangsa Indonesia agar tetap terjaga di sini!

Indonesia memiliki banyak budaya lokal dan tradisional yang mulai terlupakan karena tidak dilestarikan.

Banyak orang lebih memilih untuk menggunakan budaya asing dibandingkan dengan budaya lokal di era globalisasi ini.

Oleh karena itu, penting untuk melestarikan budaya Indonesia agar dapat terjaga dalam waktu yang lama.

Yuk, simak bagaimana cara melestarikan budaya bangsa Indonesia di era globalisasi di bawah ini!

Cara Melestarikan Budaya Bangsa Indonesia

1. Pelajari Budaya Lokal

Salah satu cara untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia adalah dengan memelajari budaya lokal.

Kamu dapat memelajari budaya dari banyak hal, seperti buku, ensiklopedia, surat kabar, atau langsung ke tempatnya.

Kemudahan akses internet juga membuat kamu dapat memelajari budaya Indonesia yang beragam dengan mudah.

Pengetahuan mengenai budaya bangsa tersebut mampu membuat budaya lokal milik Indonesia tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama.

2. Ikuti Kegiatan Kebudayaan

Setelah mengetahui informasi mengenai budaya lokal, kamu dapat mulai mengikuti kegiatan budaya tersebut.

Sebagai contoh, kamu dapat bergabung menjadi peserta dan ikut melakukan budaya tersebut atau menonton orang-orang melakukan budaya tersebut.

Kamu dapat menonton tarian tradisional Indonesia dan ikut memelajari tarian tersebut atau menonton tarian tersebut dengan saksama.

3. Mengajarkan Budaya ke Orang Lain

Cara melestarikan budaya bangsa berikutnya adalah mengajarkan budaya tersebut ke orang lain.

Dengan demikian, orang lain dapat ikut mengetahui budaya tersebut.

Semakin banyak orang mengetahui budaya lokal tersebut, semakin terjaga pula tradisi tersebut.

4. Kenalkan Budaya ke Dunia Internasional

Semua orang dapat mengenalkan budaya lokal mereka ke dunia internasional.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal membagikan potret atau video budaya lokalmu ke media sosial.

Orang-orang, baik dari dalam negeri atau luar negeri dapat melihat budaya yang kamu unggah dan mengetahui budaya tersebut sebagai budaya lokalmu.

Selain itu, kamu juga dapat memperkenalkan produk budaya lokal ke dunia internasional, lo!

Untuk dapat memperkenalkan produk budaya lokal ke internasional adalah dengan menjual produk lokalmu ke pasar luar negeri.

5. Buat Budaya Sebagai Identitas

Cara melestarikan budaya bangsa Indonesia berikutnya adalah dengan menjadikan budaya sebagai identitasmu.

Bangun rasa bangga ketika mengenalkan atau menggunakan budaya lokalmu di tengah-tengah era globalisasi.

Hal ini dapat membuat kamu tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing yang muncul di Indonesia.

6. Ekspor Barang Kebudayaan ke Negara Lain

Jika kamu seorang pebisnis, tidak ada salahnya untuk mempromosikan budaya lokal dengan mengekspor barang-barang lokal.

Dengan mengekspor barang lokal, berarti kamu telah turut membantu untuk melestarikan dan mempromosikan budayamu ke dunia luar.

Hal ini dapat membuat orang luar negeri memelajari budaya lokalmu dan mengenalkan budaya Indonesia ke khalayak umum.

7. Tidak Terpengaruh Budaya Asing

Di era globalisasi, kamu dapat dengan mudah menemukan budaya asing di Indonesia.

Ketika hal ini terjadi, jangan mudah terpengaruh dan menjadikan budaya asing pada kehidupan sehari-hari.

Meski budaya asing terlihat lebih bagus dan modern, kamu masih tetap harus menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Pintar dalam memilah-milah budaya asing dan jangan sampai kamu melupakan budaya Indonesia dan lebih memilih budaya asing.

***

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, Sahabat 99!

Simak juga artikel menarik lainnya hanya di portal Berita 99.co Indonesia.

Kamu sedang mencari rumah di Jakarta? Bisa jadi Sedayu City adalah jawabannya!

Cek saja di 99.co/id untuk menemukan rumah idamanmu!