Cara membuat alat penjernih air sederhana dari botol bekas

  • Home
  • IPA Biologi
  • Cara membuat saringan air dari botol aqua plastik

Cara membuat saringan air dari botol aqua plastik sangatlah mudah. Praktik membuat saringan air dari botol bekas ini dilakukan oleh anak SMP kelas 1 atau di materi kepramukaan juga ada. Siswa menjadi sangat tertarik untuk membuatnya. Kemudian mereka saya minta untuk menyusun bahan-bahan seperti ijuk, kerikil, pasir, dan arang sesuai keinginan mereka. Nanti hasilnya dibandingkan dengan kelompok lain.

Alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat saringan sederhana ini adalah cutter, botol bekas ukuran 1,5 liter, ijuk, kerikil kali, pasir, dan arang. Jika tidak menemukan ijuk, bisa diganti dengan kapas.

Botol minuman bekas pada bagian bawahnya dipotong menggunakan cutter terlebih dahulu. Kemudian tingga di isi dengan bahan-bahan yang diperkukan. Pada gambar pertama di atas sudah ada susunan saringan sederhana yang biasa dibuat. Susunan tersebut dari atas adalah pasir, kerikil, dan ijuk pada bagian bawah. Sedangkan pada gambar kedua, susunan saringan sederhana mulai dari bawah adalah ijuk, arang, sabut kelapa, dan kerikil.

Cara mengujinya adalah dengan menuangkan air yang keruh secara perlahan pada saringan sederhana yang sudah jadi. Kemudian diamati air yang keluar dari alat penjernih sederhana tersebut. Pasti hasilnya akan lebih jernih dari yang biasanya.

Jika terlihat masih ada yang kotor, pada bagian ijuk atau sabut kelapa perlu dipertebal lagi. Mungkin ada kotoran yang kecil yang bisa menembus lapisan ijuknya. Berdasarkan pengalaman yang telah saya buat. Pada lapisang paling bawah diberi kapas. Jadi setelah ada ijuk bagian bawahnya diberi kapas yang cukup tebal. Ketebalannya cukup 3 cm saja. Hasil dari penjernihannya sangat bagus. Airnya bening dan tidak berbau.

Fungsi arang pada alat penjernih air sederhana adalah untuk mengurangi rasa bau airdan bisa membunuh kuman yang ada di air. Oke demikianlah penjelasan singkat tentang cara membuat alat penjernih air yang sederhana dari botol bekas. Semoga bermanfaat untuk adik-adik di rumah. Saran dari saya adalah hati-hati ketika memotong botol plastiknya dengan cutter. Karena cutter sangat tajam.

SHARE ON Twitter Facebook WhatsApp Pinterest

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6

Seperti yang sudah kita ketahui, air adalah salah satu elemen terpenting bagi manusia. Air begitu penting dalam setiap fungsi tubuh kita, mulai dari pencernaan hingga proses pengeluaran limbah buruk dari tubuh kita.

Selain itu, kita juga membutuhkan air untuk mandi, memasak, mencuci baju, dan tidak terkecuali, membutuhkannya sebagai sumber energi listrik.

Meskipun banyak orang di Indonesia yang sudah memiliki akses untuk air bersih, ternyata jumlah orang yang masih kesusahan untuk mencari sumber air jernih sebenarnya lebih banyak. Untuk memecahkan permasalahan ini, banyak hal yang bisa kita lakukan di rumah tanpa harus berjalan jauh demi mendapatkan air bersih.

Diantaranya adalah dengan cara membuat saringan air dari botol bekas untuk bak mandi di rumahmu, praktis, mudah dan  tidak pakai ribet.

Yuks, Langsung saja simak apa saja bahan-bahannya dan bagaimana cara membuatnya.

Alat – Alat Yang Dibutuhkan :

Cara Membuat Saringan Air dari Botol, Langkah Demi Langkah

  1. Potong atau gunting bagian bawah botol minuman bersoda menggunakan gunting atau pisau. pastikan ukuran botol plastik yang kamu gunakan berukuran besar, minimal 1,5 liter.
  2. Posisikan botol plastik yang sudah dipotong ke dalam gelas minum tinggi dengan posisi moncong botol menghadap ke bawah dengan seimbang.
  3. Masukan kapas dan kain (kamu juga bisa menggunakan saringan kopi) ke dalam botol sebagai lapisan pertama. Pastikan tebalnya mencapai sekitar 5cm.
  4. Tambahkan arang aktif sebagai lapisan kedua, tepat di atas lapisan kapas. Pastikan tebalnya mencapai 3 cm.
  5. Sebagai lapisan ketiga, tambahkan sekitar 5cm batu kerikil di atas lapisan arang.
  6. Setelah itu, tumpukan 10cm pasir bersih di atas tumpukan batu kerikil.
  7. Cara membuat saringan air dari botol yang terakhir adalah dengan menambahkan kembali tumpukan kerikil di atas tumpukan pasir bersih.

Saatnya Uji Saringan Air dari Botol!

Sebelum kamu menaruh saringan buatanmu di bak mandi, yuk kita coba apakah saringan buatanmu terlebih dahulu apa sudah berfungsi dengan baik dan benar!

Untuk mencobanya, siapkan satu gelas air yang sudah kamu campuri dengan pasir kotor, minyak, serpihan plastik, atau apa pun yang dapat membuat airnya menjadi keruh.

Jika sudah siap, tuangkan air kotor ke dalam saringan botolmu dan perhatikan air yang keluar dari ujung botol yang berlawanan.

Perlahan-lahan, air akan berubah dari keruh menjadi jernih dan siap kamu gunakan untuk kebutuhanmu.

Hal ini disebabkan oleh fungsi-fungsi dari setiap lapisan dalam botol yang memiliki tujuannya masing-masing.

Lapisan batu kerikil dalam botol berfungsi untuk menyaring endapan berukuran cukup besar seperti plastik, serangga, atau bebatuan lainnya.

Pasir tebal yang menumpuk di atas batu kerikil berfungsi untuk menyaring kotoran yang lebih halus, seperti serabut halus, rambut, atau serangga yang sebelumnya tidak tersaring oleh kerikil.

Akhirnya, kotoran-kotoran yang mencemari air dan membuatnya keruh disaring dan dibersihkan oleh arang aktif.

Arang aktif terbukti memiliki pori-pori yang sangat banyak sehingga dapat menyerap kotoran dalam air.

Kandungan karbon aktif di dalamnya tidak hanya bekerja sebagai penjernih, tapi juga sebagai penghilang bau tidak sedap dari air tersebut.

Berikut ini beberapa produk alat penjernih air yang cukup direkomendasikan untuk dicoba pada tahun 2020.

1.Home Master HydroPerfection Water Filter

Rekomendasi alat penjernih air yang pertama adalah Home Master HydroPerfection yang dilengkapi dengan sistem reverse osmosis filter.

Alat ini memiliki kinerja yang sangat efektif dalam proses pengolahannya baik sebelum ataupun setelah melalui filter karbonnya.

Sebagai tambahan, HydroPerfection juga dibekali dengan material filter berbahan besi yang tentu saja sangat dibutuhkan untuk menyaring air sumur.

Beberapa kelebihan utamanya di antaranya:

  • Efektif membasmi zat kontaminan dan patogen dalam air;
  • Mengembalikan mineral air setelah penyaringan;
  • Minim air sisa penyaringan yang terbuang;
  • Perawatannya mudah;
  • Terdaftar resmi pada NSF Internasional.

Sedangkan kekurangannya antara lain dari segi ukuran yang cukup memakan tempat serta proses pemasangan yang membutuhkan bantuan ahli.

2.HYDRO 4000

Alat penjernih air sumur berikutnya yang sangat direkomendasikan banyak orang yaitu HYDRO 4000.

HYDRO 4000 ini diklaim sangat ampuh untuk atasi air kuning, keruh, berbau kapur tinggi, mengandung zat besi tinggi, atau berkerak.

Dengan ukuran tabung yang minimalis, HYDRO 4000 ternyata memiliki performa prima karena mampu menyaring hingga 4.000 liter air per hari.

Keunggulan lain yang cukup menguntungkan yaitu kinerja HYDRO 4000 tak membutuhkan listrik sehingga takkan menambah beban listrik Anda.

Perusahaan ini juga jadi satu-satunya perusahaan filter air di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi ISO 9001 yang menjamin kualitas produknya.

3. J-Water

Rekomendasi alat penjernih air berikutnya memiliki merek J-Water yang produknya sudah cukup dikenal di pasar Indonesia.

Banyak pengguna J-Water yang mengaku puas dengan produk ini karena beberapa alasan utama.

Dari segi teknologi, alat penjernih air ini dibekali total support system serta menggunakan media Active Carbon Purex dengan kualitas terbaik.

Semua produk J-Water diklaim mampu mengatasi masalah air seperti air bau, kuning, keruh, berlumpur, mengandung zat besi, dll, hingga 100 persen.

Dua produk unggulannya yaitu J-Water tipe J-600 serta tipe J-200 yang lebih dikhususkan untuk rumah tangga kecil.

4. NICO

Berbeda dengan produk-produk sebelumnya, alat penjernih air dari NICO dapat digunakan untuk berbagai bidang seperti tanah, sungai, PAM, atau WTP.

Alat penjernih air NICO tak membutuhkan proses oksidasi atau pengendapan terlebih dahulu sehingga proses penyaringan bisa langsung berjalan.

Meskipun begitu, hasil penyaringannya tetap terjaga, jernih, bebas bakter, ataupun bau.

Tak hanya itu, alat penjernih air NICO juga harganya cukup murah dan dapat bertahan dengan baik hingga empat tahun penggunaan.

5. Zernii

Rekomendasi alat penjernih air sumur berikut ini juga cukup berbeda dengan produk-produk yang telah diulas sebelumnya.

Apa perbedaannya?

Alat penjernih air merek Zernii jauh lebih praktis karena tinggal dipasang di keran langsung untuk menyaring air sumur atau air PAM.

Meskipun kecil, namun kemampuan alat ini tak bisa disepelekan.

Pasalnya, alat penjernih air Zernii telah dilengkapi dengan saringan fiber, kapas, dan juga karbon aktif untuk menyaring berbagai jenis zat, kotoran, ataupun bakteri.