Berikut ini salah satu contoh manfaat air bagi kehidupan sehari-hari adalah

Salah satu kebutuhan pokok sehari-hari makhluk hidup di dunia ini yang tidak dapat terpisahkan adalah Air. Tidak hanya penting bagi manusia Air merupakan bagian yang penting bagi makhluk hidup baik hewan dan tubuhan. Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia inti karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup.

Manusia mungkin dapat hidup beberapa hari akan tetapi manusia tidak akan bertahan selama beberapa hari jika tidak minum karena sudah mutlak bahwa sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air.

Jadi bukan hal yang baru jika kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karen tersedianya Air yang cukup.

Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri.

Ilustrasi Gambaran Fungsi dan Peran Air Bagi Kehidupan Manusia

Berikut ini air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk:

  • keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya,
  • keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
  • keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
  • keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
  • keperluan pertanian dan peternakan
  • keperluan pelayaran dan lain sebagainya

Oleh karena itulah air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada. Sumber Artikel

Kata Kunci: air untuk kehidupan makhluk hidup, fungsi air, kandungan tubuh manusia, manfaat air, penggunaan air untuk kegiatan sehari-hari Kata Kunci Terkait: fungsi air, manfaat air bagi kehidupan, manfaat air bagi manusia, kegunaan air, fungsi air bagi kehidupan, fungsi air bagi manusia, artikel tentang air, manfaat air bagi kehidupan manusia, fungsi air bagi makhluk hidup, peranan air bagi kehidupan Manfaat Air bagi Kehidupan Manusia Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan setelah udara. Sekitar tiga per empat bagian dari tubuh kita terdiri dari air dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa 8 Manfaat sumber daya air

Seluruh makhluk hidup di muka bumi membutuhkan air. Sejak aal kehidupan, mahluk hidup terutama manusia telah memanfaatkan air untuk kelangsungan hidupnya, bahkan mutlak dibutuhkan manusia.

Perbesar

Ilustrasi Air Minum/ Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air begitu banyak untuk kehidupan sehari-hari, terutama bagi manusia. Air adalah salah satu kebutuhan utama dalam kehidupan. Selain digunakan sebagai pelepas dahaga, air juga memiliki manfaat lain yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan kita.  

Dalam tubuh manusia terdiri dari cairan yang sangat berperan penting, semua sel, organ, dan jaringannya menggunakan air untuk membantu mengatur suhu serta mempertahankan fungsi tubuh lainnya. Tak hanya bermanfaat dalam tubuh manusia, manfaat air juga dapat kita rasakan sebagai sumber daya listrik.

Air merupakan sumber energi yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Maka jika tidak ada air, manusia akan kesulitan melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi bisa terjadi kelangkaan air bersih. Untuk itu, kita harus menjaga air bersih dengan cara tidak membuang sampah dan limbah secara sembaranga di sungai, agar kita bisa merasakan manfaat air tersebut.

Berikut ini penjelasan mengenai manfaat air bagi manusia untuk kehidupan sehari-hari yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (25/10/2021).

Perbesar

Manfaat Air Putih.

1. Air Melumasi Sendi

Manfaat air bagi manusia yang pertama yaitu untuk melumasi sendi. Tulang rawan, ditemukan di persendian dan cakram tulang belakang, mengandung sekitar 80 persen air. Dehidrasi jangka panjang dapat mengurangi kemampuan meredam guncangan sendi, yang menyebabkan nyeri sendi.

2. Membentuk Air Liur dan Lendir

Manfaat air bagi manusia ternyata juga berfungsi sebagai bahan pembentukan air liur dan lendir. Air liur membantu kita mencerna makanan dan menjaga mulut, hidung, dan mata tetap lembap. Ini mencegah gesekan dan kerusakan, air minum juga menjaga kebersihan mulut. Dikonsumsi sebagai pengganti minuman manis, juga dapat mengurangi kerusakan gigi.

3. Air Memberikan Oksigen ke Seluruh Tubuh

Manfaat air selanjutnya yaitu menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Darah terdiri atas lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

4. Meningkatkan Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Manfaat air berikutnya yaitu untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan. Apabila tubuh dehidrasi, kulit bisa menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini.

5. Melapisi Otak, Sumsum Tulang Belakang, dan Jaringan Sensitif Lainnya

Dehidrasi dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak. Hal itu juga terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmitter. Dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan pemikiran dan penalaran. Manfaat air bagi manusia dibutuhkan sebagai pencegahan supaya kerja otak tetap terjaga.

Perbesar

Ilustrasi Suhu Badan yang Naik Credit: pexels.com/Polina

6. Air Mengatur Suhu Tubuh

Manfaat air yang tak kalah penting yaitu mengatur suhu tubuh. Air yang tersimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, ia mendinginkan tubuh setelah olahraga.

Beberapa ilmuwan telah menyarankan bahwa ketika ada terlalu sedikit air di dalam tubuh, penyimpanan panas meningkat dan individu kurang mampu mentolerir tekanan panas. Memiliki banyak air di dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas terjadi saat berolahraga. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian tentang efek ini.

7. Membuang Kotoran dalam Tubuh

Tubuh menggunakan air untuk berkeringat, buang air kecil, dan buang air besar. Keringat mengatur suhu tubuh saat berolahraga atau dalam suhu hangat. Anda membutuhkan air untuk mengisi kembali cairan yang hilang dari keringat. Anda juga membutuhkan cukup air dalam sistem untuk memiliki tinja yang sehat dan menghindari sembelit. Ginjal juga membutuhkan air untuk menyaring limbah melalui buang air kecil. Asupan air yang cukup membantu ginjal bekerja lebih efisien dan membantu mencegah batu ginjal.

8. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Manfaat air berikutnya yaitu membantu menjaga tekanan darah. Kekurangan air dapat menyebabkan darah menjadi lebih kental, meningkatkan tekanan darah.

9. Membuat Mineral dan Nutrisi Dapat Diakses

Manfaat air juga membantu membuat mineral dan nutrisi agar dapat diakses. Senyawa-senyawa tersebut larut dalam air, yang memungkinkannya mencapai berbagai bagian tubuh.

10. Air Meningkatkan Kinerja Selama Aktivitas Berat

Beberapa ilmuwan telah mengusulkan bahwa mengonsumsi lebih banyak air dapat meningkatkan kinerja selama aktivitas berat. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini, tetapi satu ulasan menemukan bahwa dehidrasi mengurangi kinerja dalam aktivitas yang berlangsung lebih dari 30 menit.

Perbesar

Ilustrasi air, sungai. (Sumber: Unsplash)

11. Penurunan Berat Badan

Air juga dapat membantu menurunkan berat badan, jika dikonsumsi sebagai pengganti jus dan soda yang dimaniskan. Minum air sebelum makan dapat membantu mencegah makan berlebihan dengan menciptakan rasa kenyang.

12. Keperluan Rumah Tangga

Berbagai kegiatan rumah tangga juga memerlukan air. Beberapa kegiatannya adalah mandi, mencuci baju, mencuci piring, dan mengepel rumah.

13. Keperluan Umum

Dalam kegiatan sosial, manusia juga memerlukan air untuk lingkungannya. Misalnya untuk membersihkan sarana umum, hiasan kota, dan tempat rekreasi.

14. Keperluan Industri

Manfaat air untuk keperluan industri antara lain untuk pembangkit listrik tenaga air.

15. Keperluan Pertanian Dan Peternakan

Air diperlukan untuk menyiram lahan pertanian yang ditanami berbagai sumber makanan nabati. Contohnya untuk menanam sayur-sayuran dan umbi-umbian. Selain itu, hewan ternak yang merupakan sumber makanan hewani bagi manusia juga membutuhkan air untuk hidup. Contoh hewan ternak yang membutuhkan air antara lain ayam, sapi, domba, dan bebek.

16. Keperluan Pengembangbiakan Ikan

Sumber makanan hewani lainnya adalah ikan, udang, dan binatang air lainnya. Untuk membudidayakannya, maka penting untuk memiliki ketersediaan air yang cukup.

Lanjutkan Membaca ↓