Apakah setelah minum pil KB bisa langsung berhubungan intim

Terkenal akan efektivitasnya yang tinggi dalam mencegah kehamilan pasca terjadinya hubungan seks tanpa pengaman, pil kontrasepsi darurat alias Postpil menjadi andalan banyak pasangan. Orang-orang yang merasakan manfaatnya beragam, mulai dari mereka yang lupa minum pil KB, kelewatan jadwal suntik KB, kondomnya terlepas akibat pemakaian yang tidak sesuai instruksi, hingga orang-orang yang sebetulnya tak punya rencana untuk berhubungan seks namun terbawa suasana. Meski sudah banyak digunakan dalam berbagai situasi darurat, terkadang masih ada yang bingung soal pemakaiannya. Salah satu pertanyaan yang cukup umum adalah: amankah berhubungan seks lagi setelah minum pil kontrasepsi darurat?

Baca Juga: Muntah Sehabis Minum Pil Kontrasepsi Darurat, Gimana Solusinya?

Pil kontrasepsi darurat adalah pil yang bisa diminum untuk mencegah kehamilan hingga maksimal 5 hari pasca berhubungan seks (Witton, 2017). Pil ini bekerja dengan melepas hormon progesteron berdosis tinggi. Hormon ini akan memberi sinyal pada tubuh untuk menunda pelepasan sel telur dari indungnya. Jadi, sperma yang sudah terlanjur masuk ke dalam rahim tak bisa bertemu dengan sel telur. Alhasil, tidak terjadi kehamilan.

Di Indonesia, salah satu pil kontrasepsi darurat yang banyak digunakan adalah Andalan Postpil. Setiap butir Andalan Postpil mengandung 0,75 mg Levonorgestrel (hormon progesteron). Cara mengonsumsinya adalah dengan diminum dua butir sekaligus. Meski bisa digunakan hingga 5 hari, efektivitasnya akan lebih cepat bila diminum lebih dini.

Hal yang sering menjadi pertanyaan: apakah aman kalau berhubungan seks lagi setelah minum pil kontrasepsi darurat? Sayangnya, ini bukan ide yang baik! Dengan berhubungan seks tanpa pengaman setelah minum pil, risiko kehamilan meningkat (Glasier, Cameron, Blithe, et al., 2011). Soalnya, meskipun pelepasan sel telur sudah ditunda, sperma masih bisa bertahan hidup selama beberapa hari di dalam tubuh perempuan. Jadi, bisa saja sperma masih hidup ketika perlindungan pil kontrasepsi darurat sudah berakhir. Inilah yang berpotensi menyebabkan kehamilan. Pil kontrasepsi darurat hanya bisa mencegah kehamilan, tidak bisa membatalkannya. Bila sudah terlanjur hamil, meminum pil kontrasepsi darurat tidak akan berdampak terhadap janin.

Daripada mengambil risiko kehamilan yang tidak direncanakan, lebih baik segera menggunakan kontrasepsi reguler pasca minum pil kontrasepsi darurat. Ada banyak sekali jenis kontrasepsi reguler yang bisa dijadikan pilihan. Beberapa di antaranya misalnya kondom, pil KB, suntikan KB, KB implan, dan IUD tembaga. Kondom bisa dibeli secara bebas di apotek, minimarket, dan gerai-gerai online terpercaya, sementara kontrasepsi-kontrasepsi lainnya bisa kamu peroleh dari dokter atau bidan dengan berkonsultasi terlebih dahulu. Konsultasi ini perlu dilakukan agar dokter/bidan bisa membantu mencocokkan kebutuhan kontrasepsi dengan kondisi kesehatan pribadimu.

Dengan menggunakan kontrasepsi reguler, kamu dan pasanganmu bisa menikmati hubungan seks kapanpun tanpa perlu merasa khawatir soal risiko kehamilan. Seks jadi lebih aman. Kehidupan asmara pun bisa tetap harmonis.

Baca Juga: Tiga Alasan Mengapa Kamu Perlu Menyimpan Pil Kontrasepsi Darurat di Kotak P3K

Kurang lebih begitulah penjelasan mengenai aman-tidaknya berhubungan seks lagi setelah minum pil kontrasepsi darurat. Mudah-mudahan informasi yang diberikan cukup membantu kamu dan pasanganmu dalam membuat keputusan, ya! Selain itu, jika kamu masih punya pertanyaan lebih lanjut mengenai topik ini, kamu bisa menghubungi Halo DKT melalui layanan bebas pulsa 0800-1-326459 atau Whatsapp ke 0811-1-326459 dengan mengklik tautan ini pada hari Senin hingga Jumat pukul 09.00 – 16.30 WIB. Tak perlu ragu untuk berkonsultasi, sebab segala informasi yang kamu sampaikan akan dijamin kerahasiaannya.

Pil KB menjadi salah satu cara mencegah kehamilan dengan efektivitas tinggi, yakni mencapai 99% bila digunakan dengan benar. Agar Anda lebih paham dan tidak keliru, simak cara minum pil KB yang benar melalui penjelasan di bawah ini.

Cara minum pil KB yang benar tentu bergantung pada jenis pil KB yang Anda pilih. Secara umum, ada dua jenis pil KB yang tersedia, yakni pil kombinasi dan pil mini (mini pill).

1. Pil kombinasi

Cara pemakaian pil KB kombinasi sebenarnya mudah. Anda hanya perlu minum satu butir pil sehari agar tidak hamil meski berhubungan intim tanpa menggunakan pengaman.

Dokter kemungkinan akan menyarankan Anda untuk minum pil pada waktu yang sama setiap harinya. Anda dapat menggunakan alarm atau aplikasi pengingat supaya tidak lupa jadwal minum pil.

Aturan minum pil KB kombinasi dibedakan sesuai dengan paket pil KB mana yang Anda pilih seperti berikut ini.

Paket pil KB kombinasi 21 hari

Minum satu pil setiap hari selama 21 hari (tiga minggu) berturut-turut. Pada hari ke-22, jangan minum pil apa pun selama tujuh hari ke depan. Anda akan menstruasi saat tidak sedang minum pil.

Selalu ingat untuk memulai paket baru setelah tidak minum pil apa pun selama tujuh hari. Pastikan paket pil berikutnya sudah siap dan gunakan pengingat untuk membantu agar tidak lupa.

Artikel terkait

Minum satu pil setiap hari selama 28 hari (empat minggu) berturut-turut. Kemudian, Anda bisa mulai mengonsumsi paket pil baru pada hari ke-29 alias tanpa jeda berhenti minum obat.

Umumnya, ada tujuh butir pil berbeda yang diminum selama tujuh hari terakhir. Pil ini merupakan pil plasebo yang tidak mengandung hormon di dalamnya dan berfungsi sebagai “pengingat” bahwa Anda sedang menjalani program pil KB.

Penting dipahami bahwa ketika minum pil “pengingat”, Anda tetap bisa mengalami menstruasi.

Paket pil KB kombinasi 91 hari

Beberapa paket pil KB kombinasi terdiri dari pil hormon untuk dikonsumsi selama 12 minggu (tiga bulan) berturut-turut, lalu diikuti dengan pil “pengingat” hingga satu minggu.

Paket pil ini akan mencegah kehamilan bahkan bila Anda berhubungan seks selama meminum pil “pengingat”. Selain itu, pil KB ini juga membuat Anda hanya menstruasi setiap tiga bulan.

2. Pil mini

Pil mini (mini pill) atau juga disebut pil progestin memiliki aturan minum khusus. Anda harus meminumnya pada jam yang sama setiap hari dengan batas keterlambatan selama tiga jam.

Sebagai contoh, bila Anda minum pil mini pada pukul 12.00 hari ini, minumlah pil pada pukul 12.00–15.00 keesokan harinya. Jika diminum setelahnya, Anda lebih berisiko hamil.

Untuk menghindari kesalahan saat minum pil KB, Anda mungkin akan membutuhkan alarm, pengingat, atau aplikasi KB untuk meminum pil mini sesuai panduan.

Pil mini hanya tersedia dalam paket 28 hari (empat minggu). Semua pil KB ini memiliki kandungan hormon yang dapat membuat Anda terhindar dari kehamilan.

Anda mungkin mengalami menstruasi normal pada minggu keempat. Akan tetapi, Anda juga dapat mengalami flek (bercak) darah selama sebulan atau tidak menstruasi sama sekali.

Kapan waktu yang tepat minum pil KB?

Setelah memahami cara minum pil KB yang benar, pastikan juga Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk mulai menggunakan alat kontrasepsi ini.

Waktu minum pil kombinasi

Minum pil KB kombinasi saat hari pertama haid atau hingga lima hari setelahnya. Dalam rentang waktu ini, pil bisa segera bekerja untuk mencegah kehamilan.

Jika mulai minum pil di luar haid, Anda perlu minum pil tersebut selama tujuh hari terlebih dahulu.

Selama tujuh hari ini, Anda disarankan untuk berpuasa dari hubungan seksual atau memakai kontrasepsi lain seperti kondom untuk mencegah kehamilan.

Waktu minum pil mini

Minum pil KB mini bisa dilakukan kapan saja saat siklus haid. Jenis pil KB ini akan bekerja untuk mencegah kehamilan setelah 48 jam (dua hari) setelah Anda meminumnya.

Pakailah alat kontrasepsi, seperti kondom, bila Anda berhubungan seks pada dua hari pertama. Hal ini juga diperlukan selama dua hari ke depan bila Anda lupa minum pil lebih dari tiga jam.

Selain yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa mulai minum pil mini atau pil kombinasi segera setelah keguguran atau melahirkan.

Anda bisa mulai minum pil kombinasi selama 21 hari (tiga minggu) setelah melahirkan, tetapi aturan ini tergantung apakah Anda sedang menyusui atau tidak.

Artikel terkait

Pil KB berbentuk tablet salut selaput yang dikemas dalam blister. Bagian belakang blister ini ditandai dengan hari dalam seminggu dan tanda panah untuk urutan minumnya.

Secara umum, berikut ini ialah aturan cara minum pil KB yang benar.

  1. Mulailah dengan minum pil pertama sesuai hari yang benar dalam seminggu.
  2. Ikuti arah panah pada blister, lalu minum satu pil setiap hari sampai Anda menghabiskan semua pil yang tersedia dalam paket.
  3. Telan pil secara utuh dengan bantuan air, hindari untuk mengunyah pil.
  4. Minumlah pada waktu yang sama setiap hari, baik sebelum atau setelah makan.

Sebagai contoh, Anda akan mulai haid dan minum pil KB pada hari Rabu. Jadi, minum dosis pil KB yang ditandai dengan tulisan hari “Rabu” yang bertanda khusus dan lanjutkan seterusnya sesuai petunjuk arah panah pada blister.

Anda dianjurkan untuk memulai paket pil baru pada hari yang sama seperti paket sebelumnya.

Pil kontrasepsi harus diminum secara teratur tanpa terlewat sekalipun. Jangan minum pil KB hanya saat Anda ingin berhubungan seksual.

Anda dapat menentukan waktu minum yang paling nyaman, baik pagi sampai malam hari sehingga meminimalkan lupa atau pergeseran waktu konsumsi pil.

Bagaimana bila telat minum pil KB?

Salah satu aturan penting saat minum pil KB ialah minum secara rutin. Meski begitu, tentu ada risiko Anda lupa minum pil KB sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Berikut panduan yang perlu Anda ikuti terkait keterlambatan minum pil KB.

1. Jika telat minum pil KB satu hari

Jika Anda telat minum pil KB lebih dari satu hari, segera minum dosis yang tertinggal saat ingat. Bahkan, tidak masalah bila Anda harus minum dua pil dalam satu hari, seperti dikutip dari laman National Health Service UK.

Namun, cara ini diperbolehkan asal tidak lebih dari 12 jam pada hari yang sama. Seterusnya, Anda bisa melanjutkan minum dosis pil seperti biasa.

2. Jika lupa minum pil KB selama dua hari

Jika Anda lupa minum pil KB selama dua hari, Anda bisa minum dua pil selama dua hari berturut-turut, lalu dilanjutkan dengan satu pil seperti biasa pada hari selanjutnya.

Anda lebih berisiko hamil bila telat minum pil lebih dari 12 jam. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menggunakan kondom saat berhubungan seks untuk mengurangi risiko kehamilan yang tidak direncanakan.

3. Jika lupa minum dan menyisakan lebih dari tujuh pil KB

Jika terdapat tujuh atau lebih pil KB yang tersisa dalam kemasan setelah pil terakhir yang Anda lupakan, segera selesaikan blister seperti biasa.

Kemudian, tetap lanjutkan dengan beristirahat (tidak mengonsumsi pil apa pun) selama tujuh hari atau habiskan pil “pengingat” sebelum Anda memulai paket berikutnya.

4. Jika lupa minum dan menyisakan kurang dari tujuh pil KB

Jika ada kurang dari tujuh pil tersisa dalam kemasan setelah pil terakhir yang terlupa, langsung mulai dengan blister baru pada keesokan harinya.

Hal ini berarti Anda hanya melewatkan jeda istirahat tanpa pil atau penggunaan pil plasebo.

Anda mungkin juga memerlukan kontrasepsi darurat bila telah melewatkan dua atau lebih pil pada minggu pertama dan melakukan hubungan seks tanpa kondom pada tujuh hari sebelumnya.

Jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan bila Anda mengalami keraguan atau kendala selama minum pil KB.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.