Apa saja yang dipelajari dalam jurusan ilmu komunikasi

Apa yang perlu dipelajari saat kamu mengambil kuliah jurusan ilmu komunikasi? Lalu bagaimana prospek kerja kedepannya? Sebelum memilih alangkah baiknya untuk mempelajarinya terlebih dulu.

Hal yang Dipelajari Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi berkaitan dengan dasar kehidupan sosial antar manusia yang juga memiliki tingkatan tertentu mulai dari periklanan, media, hingga komunikasi di media sosial.

Mungkin banyak yang menganggap di dalam jurusan ilmu komunikasi hanya belajar untuk public speaking. Padahal sebenarnya tidak sesederhana berbicara di depan umum. Berikut beberapa hal yang bisa kamu pelajari di mata kuliah ini.

1. Mempelajari Komunikasi dengan Berbagai Media

Ingin mendalami gaya dalam berkomunikasi? Kamu akan dapat mengasah kemampuan berpikirmu bahkan secara out of the box. Secara tidak langsung, kamu akan terbiasa berdiskusi bahkan mengobrol dengan orang banyak. Dijamin berbagai ide kreatif dan cemerlang yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang lain bisa kamu dapatkan disini.

Untuk praktiknya sendiri terutama yang berkaitan dengan media kamu bisa mempelajari tentang semua jenis media seperti radio, koran, hingga televisi contohnya penyiaran atau reportase berita, program kreatif radio, bahkan produksi film maupun iklan.

2. Mempelajari Komunikasi dari Segala Bentuk Komunikasi

Pada semester delapan, kamu akan mempelajari segala bentuk komunikasi. Misalnya komunikasi publik, komunikasi antarbudaya, komunikasi personal, hingga komunikasi organisasi yaitu dengan presentasi sesuai topik perkuliahan masing-masing. Ada juga tema tentang pengembangan pribadi misalnya bagaimana cara mengenali pribadi maupun keahlianmu atau bagaimana kamu berkomunikasi dengan orang di sekitarmu

3. Bersiaplah untuk Menjadi Pemimpin Selama Perkuliahan

Sudah siap mendapat pelatihan untuk menjadi pemimpin? Mulailah dari sini. Kamu akan mendapat banyak pengalaman mengesankan dimulai dari mengerjakan berbagai tugas secara individu maupun kelompok dan kamu juga bisa dipilih sebagai pemimpin kelompok. Intinya mata kuliah jurusan ilmu komunikasi mengajarkanmu agar bisa up to date.

Keuntungan Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi tidak hanya diperuntukkan bagi orang yang suka ngomong. Cakupan dari ilmu tersebut cukup luas bahkan kamu yang ingin belajar public speaking, fotografi, desain, hingga menulis berita pun wajib memiliki dasar dalam berkomunikasi. Beberapa keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan seperti:

1. Bukan Sekadar Teori

Disini kamu akan mempelajari secara mendalam mengenai aspek komunikasi, bahkan bukan sekadar teori, kamu juga akan terus dilatih untuk praktik dan mengasah skill-mu hingga mumpuni. Dengan belajar ilmunya, kamu juga akan belajar memahami apa saja yang terjadi selama proses komunikasi berlangsung.

2. Dapatkan Peluang Kerja Idaman

Melihat perkembangan media di Indonesia yang pesat dan luas maka peluang karier setelah lulus pun terbuka lebar. Media adalah salah satu peluang lapangan kerja yang utama bagi lulusan komunikasi baik secara elektronik maupun cetak. Bahkan hampir semua perusahaan membutuhkan anak komunikasi dan bisa ditempatkan di bidang content creator, jurnalis, humas di pemerintahan maupun perusahaan, bahkan sebagai pengamat komunikasi politik dan masih banyak lagi. Intinya asah terus pengetahuan dan skillmu menjadi lebih baik lagi maka dijamin kamu tidak akan susah mencari pekerjaan.

3. Dapatan Tugas Seru dan Penuh Tantangan

Dari segi lingkup materi yang kamu dapatkan selain luas juga cukup seru. Misalnya kamu belajar mengenai produksi siaran televise maka kamu bisa menjadi bagian didalamnya seperti jadi tim kreatif, presenter, produser, floor director, bahkan reporter.

4. Dapatkan Skill Menyampaikan Pesan yang Baik dan Benar

Pada mata kuliah jurusan ilmu komunikasi public speaking adalah kemampuan dasar yang wajib buat kamu pelajari. Disini kamu akan dapat mengasah kemampuan dalam menyampaikan pesan secara efektif dan efisien dengan baik sehingga pendengar pun paham terhadap apa yang kamu ucapkan. Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang bagaimana gestur atau olah tubuh pembawaan yang baik.

5. Asah Skill Marketingmu

Skill marketing juga bisa kamu dapatkan disini. Misalnya dengan mengetahui sistem penjualan atau prinsip pemasaran yang baik maka skill marketing juga semakin terasah. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan kemampuan dalam mengolah data, melakukan riset, hingga keterampilan dalam menganalisa serta bersikap kritis. Paket komplit bukan?

6. Hard Skill untuk Target Kerja Selanjutnya

Hard skill yang akan kamu dapatkan contohnya bila kamu ingin belajar tentang bagaimana media televisi dalam mengolah film yang baik maka tidak hanya cara editing saja yang bisa kamu asah melainkan juga teknik pengambilan gambar atau videografi bahkan hingga desain grafisnya.  Sedangkan  bila kamu ingin ikut event keren Mahasiswa, kamu juga bisa belajar menjadi perencana hingga eksekusi langsung eventnya. Jadi ilmu yang kamu dapatkan tidak hanya terbatas di bangku kuliah saja melainkan bisa kamu aplikasikan di dunia luar atau dunia kerja.

Kesimpulan

Mata kuliah jurusan ilmu komunikasi keren dan komplit, kan? Dengan mempelajarinya, kamu akan memiliki dasar komunikasi secara menyeluruh terutama tentang media. Maka tidak heran bila prospek kerjanya pun menjanjikan. Bila ingin mendapatkan informasi lengkap mengenai jurusan ilmu komunikasi, maka bisa bergabung di Universitas123

Jurusan ilmu komunikasi harus pintar apa?

Skill yang Harus Kamu Kuasai di Jurusan Komunikasi Tak hanya berbicara, di dalam public speaking kamu juga akan belajar tentang gestur tubuh. Kamu juga akan belajar skill marketing dengan mengetahui sistem penjualan secara umum dan berlandaskan pada prinsip-prinsip pemasaran.

Jurusan ilmu komunikasi bisa kerja dimana?

Pada umumnya, lulusan jurusan komunikasi bekerja di bidang-bidang seperti broadcasting, wartawan, editor, public relations, periklanan, manajemen media, komunikasi pemasaran, komunikasi bisnis, dan sejenisnya.

Apakah jurusan komunikasi itu sulit?

Meskipun menjadi jurusan dengan banyak peminat, namun masuk ke jurusan yang satu ini juga sulit banget loh. Hal ini karena, jurusan Ilmu Komunikasi juga merupakan salah satu jurusan dengan keketatan paling tinggi di banyak PTN.